Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2022, 17:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peringatan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2022 disemarakkan dengan parade kebaya di Kota Solo, Jawa Tengah.

Kegiatan parade kebaya bertajuk Berkebaya Bersama Ibu Negara ini nampak meriah diikuti sekitar 2.500 peserta.

Sesuai namanya, parade kebaya dihadiri oleh Ibu Negara yaitu Iriana Jokowi, sebagai inisiator kegiatan.

Baca juga: Dukung Penetapan Hari Kebaya Nasional, Iriana Jokowi dan Istri Menteri Kabinet Indonesia Maju Bakal Berparade di Solo

Sementara itu, peserta parade tersebut terdiri dari para istri menteri Kabinet Indonesia Maju, para istri gubernur, dan Himpunan Ratna Busana Solo.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, Minggu (2/10/2022), peserta maupun masyarakat umum nampak memadati area parade.

Lokasi tepatnya adalah di depan Rumah Dinas Wali Kota Solo, yakni Loji Gandrung sampai depan Ndalem Wuryoningratan, Jalan Slamet Riyadi. 

"Diikuti 2.500 peserta yang berjalan kaki sekitar 10 menit dari Loji Gandrung sampai Ndalem Wuryoningratan. Tak hanya ibu-ibu, diikuti juga oleh akum muda, perempuan, maupun bapak-bapak yang mendampingi," ujar jurnalis Kompas.com di lapangan, Minggu. 

Selain parade kebaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga menyiapkan sejumlah kegiatan. Di  antaranya panggung hiburan, menari bersama, tarian batik, dan bazaar UMKM.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Yuk Kunjungi 5 Museum Batik di Indonesia

Adapun kegiatan ini berlangsung pukul 13.30 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Semua masyarakat dari berbagai lapisan dan kalangan bebas berpartisipasi. 

Diinisiasi Ibu Negara, dorong penetapan Hari Kebaya Nasional

Seperti dikutip Kompas.com (28/9/2022), Ketua Umum Himpunan Ratna Busana, Danarsih Santosa Doellah mengatakan bahwa Ratna Busana merupakan perkumpulan perempuan pencinta busana daerah yang berdiri sejak 15 tahun silam di Solo.

Danarsih menjelaskan, parade kebaya yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Batik Nasional 2022 ini diprakarsai langsung oleh Iriana Jokowi. 

Momen keakraban Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengikuti Parade kebaya dari depan Loji Gandrung hingga di Kompleks Ndalem Wuryaningratan, Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Momen keakraban Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengikuti Parade kebaya dari depan Loji Gandrung hingga di Kompleks Ndalem Wuryaningratan, Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Kemarin Bu Ana (panggilan Iriana Jokowi) ke Solo. Beliau mengingatkan kepada saya dengan adanya gerakan kebaya goes to UNESCO, Bu Ana mengingatkan kalau tidak salah kebaya asalnya dari Solo. Kemudian meminta saya untuk membuat gerakan ini. Beliau bilang 'saya akan datang, Bu'," ujarnya.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat Hari Batik Nasional, Cocok Buat Ucapan di Medsos

Ketua Pelaksana Berkebaya Bersama Ibu Negara, Febri Hapsari Dipokusumo menambahkan, tujuan kegiatan ini digelar adalah untuk mendukung penetapan Hari Kebaya Nasional. Selain itu, sekaligus untuk mengusulkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

"Ini baru pengusulan tim nasional mendukung penetapan kebaya sebagai warisan budaya tak benda dan mendukung usulan kebaya sebagai warisan budaya dunia UNESCO," terang Febri, dikutip dari Kompas.com.

Karena digelar bersamaan dengan Hari Batik Nasional, jelas Febri, maka batik sebagai padu badan kebaya dalam kegiatan ini.

Baca juga: Hari Batik Nasional 2 Oktober, Intip Perjalanannya hingga Diakui UNESCO

Sehingga, dapat terlihat selain mengenakan kebaya, para peserta mengenakan batik untuk bawahan kebaya tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com