Kompas.com - 16/11/2022, 20:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Berkat perkembangan teknologi, pemesanan kamar hotel dapat dilakukan secara daring atau online. Jadi, para tamu bisa memesan kamar hotel jauh-jauh hari sebelum menginap. 

Selain itu, sejumlah kamar hotel harganya lebih murah apabila dipesan lewat online ketimbang datang langsung atau on the spot (OTS). 

Baca juga: Harga Kamar Hotel Naik 15 Persen Saat Musim Liburan 

Sementara itu, jalur pemesanan hotel online terdiri dari dua, yakni lewat online travel agent (OTA) dan website resmi hotel. 

Sebagian masyarakat mungkin bertanya-tanya, kenapa pesan kamar hotel via online lebih murah ketimbang OTS? Berikut rahasianya seperti dirangkum oleh Kompas.com.   

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Pesan Kamar Hotel agar Dapat Harga Murah?  

Ilustrasi hotel.PIXABAY/JAN KLAUS Ilustrasi hotel.

Senior Corporate Communications Manager Pegipegi, Busyra Oryza menjelaskan, hal tersebut lantaran pihak hotel mematok harga lebih murah pada jalur distribusi online, yang meliputi website resmi dan OTA. 

“(Harga kamar hotel) Bisa lebih murah karena jalur distribusi via online lebih kompetitif, sehingga biasanya pihak hotel pasang harga lebih murah di sistem penjualan online mereka,” terangnya kepada Kompas.com, dikutip Rabu (16/11/2022). 

Baca juga: 7 Hotel Murah Dekat Bundaran HI untuk Tahun Baruan, Cuma Rp 100.000-an

Dihubungi terpisah, Marketing Communication Manager Holiday Inn Jakarta Kemayoran Priska Andriani memberikan penjelasan serupa. 

Priska mengatakan pesan kamar hotel via online lebih murah karena ada promo yang diberikan, sebagai salah satu strategi pemasaran. 

“Terdapat tactical campaign yang dilakukan masing-masing website dengan term and condition (syarat dan ketentuan) booking untuk masing-masing promo,” jelasnya. 

Baca juga: Hotel Murah Dekat Malioboro untuk Tahun Baruan, di Bawah Rp 200.000

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.