Kompas.com - 25/11/2022, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi Jawa Barat ditargetkan mencapai 40 juta orang hingga akhir tahun 2022. 

"Hingga saat ini sudah mencapai hampir 30 juta (wisatawan) sehingga kami optimistis bisa sampai 40 juta, ini total keseluruhan lokal dan mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) Benny Bachtiar, dikutip dari Antara, Rabu (23/11/2022).

Baca juga:

Menurutnya, sejumlah tempat wisata di provinsi tersebut akan dikunjungi wisatawan pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023, khususnya tempat wisata luar ruangan (outdoor) atau alam.

Koordinasi dengan kabupaten/kota, lanjutnya, dibutuhkan guna mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan pada periode tersebut. 

Baca juga: 4 Wisata Gua di Jawa Barat, Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

"Tahun kemarin (2021) kurang lebih enam hingga tujuh juta di akhir tahun, (akhir tahun) ini bisa berlipat lipat bisa 12 hingga 18 juta wisatawan untuk destinasi wisata di Jabar," kata Benny. 

Kunjungan wisatawan saat Nataru akan disebarkan ke wilayah lain

Benny mengatakan bahwa pihaknya sedang menggalakkan kampanye Smiling West Java. 

Diharapkan kunjungan pada akhir tahun tidak terpusat di wilayah yang sudah populer di kalangan wisatawan.

Baca juga:

"Karena selama ini yang menjadi favorit Puncak, Lembang, Bandung Raya, dan Bogor Raya. Kita berupaya untuk saat itu digeser ke arah timur seperti Majalengka, Kuningan," ujarnya. 

Majalengka dan Kuningan, lanjutnya, memiliki daya tarik berupa wisata alam dan desa wisata.

Baca juga: 4 Wisata Hits Majalengka, Pas untuk Liburan yang Menyenangkan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.