Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 19:15 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Teluk Nanga Lok, atau biasa disebut Bukit Cinta, di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), meraih juara satu Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 untuk kategori Surga Tersembunyi di Indonesia.

Prestasi tersebut diumumkan saat malam puncak API Award 2022 di Banda Aceh, Aceh, pada Jumat (25/11/2022). 

Baca juga: Teluk Nanga Lok di NTT Masuk 10 Besar Anugerah Pesona Indonesia 2022

"Teluk Nanga Lok berhasil keluar sebagai juara satu setelah bersaing dengan sembilan nominasi lainnya dari berbagai destinasi di Indonesia," kata Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin, yang dihubungi Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Teluk Nanga Lok memiliki suara terbanyak yakni 26,09 persen, berdasarkan hasil voting mulai Rabu (1/6/2022) hingga Senin (31/10/2022) melalui sejumlah kanal yakni Instagram, YouTube, dan Facebook.

Baca juga: Teluk Nanga Lok NTT, Serpihan Indahnya Pesona Alam Flores

Jehamin menjelaskan, tiga tempat wisata yang masuk peringkat tiga besar untuk kategori tersebut adalah Teluk Nanga Lok, Terujak Falls, dan Danau Ulak Lia.

"Peringkat tiga, Danau Ulak Lia (di) Kabupaten Musi Banyuasin dengan perolehan 20,25 persen suara. Peringkat dua, Terujak Falls (di) Kabupaten Aceh Timur dengan perolehan voting 23,25 persen suara, dan Teluk Nanga Lok dengan perolehan 26,09 % suara," terangnya.

Prestasi ini, menurutnya, tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh semua pihak, baik itu Pemerintah Daerah maupun masyarakat Manggarai Timur, yang secara intens memberi suara  mereka. 

Baca juga: Raih Prestasi di ADWI 2022, Warga Desa Umauta NTT Terima Penghargaan

Untuk diketahui, tahun 2022 merupakan tahun kedua Kabupaten Manggarai Timur berpartisipasi dalam ajang ini. Sebelumnya pada tahun 2021, ada tarian vera yang ikut ajang serupa namun gagal masuk peringkat tiga besar.  

Selain Teluk Nanga Lok, ada pula beragam tempat wisata lainnya di pantai utara Kabupaten Manggarai Timur. Beberapa di antaranya adalah Pantai Watu Payung, Pantai Pota, Danau Rana Tonjong, Pantai Laing Lewe, Pantai Nanga Lirang, Pantai Teluk Ninge, dan Pantai SUT.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com