Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran 2023, Kemenparekraf Akan Keluarkan Surat Edaran

Kompas.com - 13/02/2023, 22:04 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengeluarkan surat edaran terkait libur Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 Hijriah mendatang. 

Surat edaran tersebut akan berisi protokol yang harus diterapkan oleh pelaku bisnis pariwisata dan wisatawan. 

Baca juga:

"Kami akan mengeluarkan surat edaran untuk protokol-protokol yang harus dipatuhi. Termasuk protokol kesehatan, keselamatan, penyelenggaraan usaha pariwisata serta keberlanjutan lingkungan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam dalam Weekly Press Briefing, Senin (13/2/2023).

Ia melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan 15 titik posko mudik di jalur alternatif lintas selatan. Ada pula tim monitoring yang akan memantau semua kegiatan mudik lebaran tahun ini.

 

"Kita harus pastikan setengah dari 1,4 miliar wisatawan ini bisa kita hadirkan dengan momentum liburan lebaran," ujar dia.

Baca juga:

Sebelumnya dilaporkan Kompas.com, Senin (6/2/2023), organisasi PP Muhammadiyah telah menetapkan, 1 Syawal atau Idul Fitri 1444 Hijriah akan jatuh pada pertengahan April, tepatnya Jumat (21/4/2023).

 

"1 Syawal jatuh pada hari Jumat Pahing, 21 April 2021. Ketiga, 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin Legi, 19 Juni 2023," kata Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti, Senin (6/2/203).

Sementara itu, pihak Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Agama belum memberikan ketetapan tanggal Idul Fitri 1444 Hijriah karena sistem penerapannya dengan cara melihat bulan atau hilal.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com