Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Sultan Hasanuddin Masuk Daftar Bandara Paling Bersih di Asia-Pasifik

Kompas.com - 09/03/2023, 21:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, dinobatkan sebagai salah satu bandara paling bersih di Asia-Pasifik tahun 2022 versi penghargaan Airport Service Quality (ASQ).

"Penghargaan ini diberikan kepada bandara dengan skor lima persen teratas untuk kategori kebersihan, yang merupakan kunci kepuasan penumpang," bunyi pernyataan dari laman resmi organisasi otoritas bandara Airport Council International (ACI), Kamis (9/3/2023).

Baca juga:

Sebagai informasi, ACI memberikan penghargaan bandara paling bersih di dunia sepanjang 2022 untuk sejumlah wilayah di dunia, antara lain Afrika, Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin-Karibia, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

"Program ASQ tidak hanya mengukur dan membuat tolak ukur, tetapi juga memberikan kesempatan kepada bandara untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas," kata Direktur Jenderal ACI World, Luis Felipe de Oliveira, dikutip dari CNN, Kamis (9/3/2023).

Penghargaan ini ditentukan oleh ACI dan perusahaan teknologi perjalanan Amadeus berdasarkan hasil survei penumpang yang dikumpulkan di bandara pada hari perjalanan.

Sepanjang tahun 2022, telah terkumpul sekitar 465.000 survei penumpang, dangan 330 faktor sebagai kategori.

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.Dok. Shutterstock/ondol Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

 

Dari kategori bandara paling bersih di Asia-Pasifik, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dinobatkan sebagai pemenang dari Indonesia.

Tidak hanya itu, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga mendapatkan beberapa penghargaan dari kategori yang lain.

Di antaranya menjadi bandara yang melayani lima juta sampai 15 juta penumpang per tahun, bandara dengan petugas pelayanan terbaik, bandara dengan akses perjalanan termudah, dan bandara yang menyenangkan (enjoyable).

Baca juga:

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com