Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Ini Tawarkan Pengalaman Makan Sambil Lihat Bumi, Mau Coba?

Kompas.com - 15/05/2023, 08:18 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Pariwisata ruang angkasa semakin bervariasi berkat adanya perusahaan yang menawarkan sensasi bersantap di tepi ruang angkasa atau sambil melihat bumi. 

Diluncurkan oleh perusahaan asal Perancis bernama Zephalto, pengalaman ini ditawarkan tanpa mengharuskan penumpangnya untuk menjalani latihan tertentu sebelumnya. Mereka pun akan naik pesawat berbentuk kapsul bernama Celeste.

Baca juga:

"Kapsul bertekanan udara kami adalah obyek termutakhir yang menawarkan suasana nyaman dan aman," bunyi keterangan resmi dari situs web resminya, dikutip Senin (15/5/2023). 

DKapsul Celeste akan naik dengan kecepatan empat meter per detik dengan durasi 1,5 jam hingga mencapai ketinggian 25 kilometer.

Di dalam pesawat yang berkapasitas enam tempat duduk ini, terdapat jendela lebar untuk menikmati pemandangan.

Baca juga: Virgin Galactic Jual Lagi Tiket Wisata Luar Angkasa, Harganya Rp 6,4 M

Ilustrasi pesawat kapsul Celeste dari perusahaan Zephalto. Dengan naik pesawat ini, wisatawan bisa makan sambil melihat bumi.Dok. Zephalto Ilustrasi pesawat kapsul Celeste dari perusahaan Zephalto. Dengan naik pesawat ini, wisatawan bisa makan sambil melihat bumi.

Ketika sudah mencapai ketinggian yang diinginkan, Celeste akan mengambang selama sekitar tiga jam sehingga penumpang bisa bersantap atau menikmati pemandangan bumi dan bintang-bintang, dikutip dari CNN.

Kendati demikian, harap diingat bahwa Celeste tidak terbang ke ruang angkasa, namun tetap lebih tinggi dari ketinggian rata-rata pesawat komersial. 

Hal ini berarti penumpang di dalamnya bisa melihat pemandangan tanpa kehilangan gravitasi. 

Baca juga:

Bila tertarik, Zephalto tengah menawarkan tiket pra-pemesanan seharga 10.000 euro (sekitar Rp 160 juta). Dengan membeli tiket tersebut, wisatawan bisa memesan kursi jika Zephalto sudah membuka penjualan tiket untuk umum.

Secara keseluruhan, biaya naik pesawat Celeste dan makan sambil melihat bumi dibanderol mulai 120.000 euro (sekitar Rp 1,9 miliar).

Baca juga: Mau Wisata ke Luar Angkasa? Siapkan Fisik dan Uang Minimal Rp 2 Miliar

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com