Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2023, 09:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Presiden Joko Widodo bersama para menteri telah membahas kebijakan agar turis asing yang datang ke Indonesia bisa tinggal lebih lama dan berkualitas. 

“Baru saja kami membahas bersama Bapak Presiden dan Menko bahwa kita akan mengeluarkan kebijakan agar wisman tinggal lama, lebih berkualitas, dan berdampak ekonomi kepada bangsa Indonesia," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (29/5/2023).

Sandiaga melanjutkan, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kunjungan turis asing di Indonesia adalah melalui penerapan Golden Visa.

Baca juga: Jenis Visa Baru Golden Visa, Khusus untuk WNA Bertalenta

Lebih lanjut, kata dia, saat ini kebijakan Golden Visa tengah dimatangkan dan sudah dalam proses tahap akhir.

Sandiaga mengungkap, dalam beberapa minggu atau bulan ke depan akan diumumkan bahwa Indonesia meluncurkan visa dengan masa tinggal jangka panjang untuk turis asing, yakni 5-10 tahun.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebagai informasi, dilaporkan dari Kompas.com (1/17/2023), Golden Visa adalah turunan dari Second Home Visa. Visa ini disebut jadi terobosan baru menyambut Warga Negara Asing (WNA) yang talentanya dapat berkontribusi bagi perekonomian nasional.

Jika Second Home Visa diberikan untuk WNA yang ingin menjadikan Indonesia sebagai rumah kedua untuk masa tinggal 5-10 tahun, maka Golden Visa diberikan khusus bagi WNA yang bertalenta, baik di bidang digital, kesehatan, maupun investasi.

Dorong kualitas turis asing dan investasi

Menparekraf juga menyampaikan bahwa golden visa bagi wisman diharapkan dapat mendorong adanya kewirausahaan digital (digital entrepreneurship) yang akan meningkatkan kualitas turis asing yang datang ke Tanah Air.

Baca juga: 92 Negara yang Bisa Ajukan Visa on Arrival ke Indonesia

"Akan berkualitas karena tinggal lebih lama, dia tentunya juga akan investasi tidak hanya dari sisi properti, tapi akan investasi ciptakan lapangan kerja. Nah ini merupajan perbaikan untuk pariwisata yang berkualitas," tutur dia.

Ilustrasi Bali.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Bali.

Pendekatan Golden Visa ini, Sandiaga menjelaskan, ditargetkan bagi mereka yang sudah memiliki tabungan cukup. Misalnya, salah satunya bagi turis asing yang selama musim dingin ingin tinggal di Bali, maka dapat memanfaatkan visa ini.

Target kedua, adalah pelaku usaha di bidang teknologi yang akan berinvestasi di Indonesia. Selain itu, para talenta di bidang kesehatan yang telah tamat sekolah dan mendapatkan pengalaman kerja.

Baca juga: Kata Menparekraf Soal Pencabutan Visa on Arrival WNA Rusia dan Ukraina

“Ketiga, untuk talenta-talenta di bidang yang sustain (berkelanjutan), misalnya kesehatan. Ini kita bisa menarik mereka untuk begitu selesai sekolah dan mendapatkan pengalaman kerja mereka bisa bantu meningkatkan kualitas SDM kita,” pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com