Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Cari Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang, Banyak Pilihan

Kompas.com - 11/06/2023, 10:38 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Produk oleh-oleh haji dan umrah tidak hanya bisa dibeli di tempat asalnya yaitu Arab Saudi.

Warga Jabodetabek bisa belanja oleh-oleh dari Tanah Suci di salah satu pusat grosir Pasar Tanah Abang yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Baca juga: Beli Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang, Catat 6 Tipsnya

Kawasan pasar yang sudah berdiri sejak tahun 1735 ini tidak hanya memiliki ribuan kios tekstil, tetapi juga aneka toko yang menjual kurma hingga air zam-zam.

Soal harga dan kualitas, rata-rata penjual menjamin bahwa kualitas produk mereka adalah yang terbaik dan asli diimpor dari Arab Saudi. Harganya pun juga bersaing antar toko, tentu saja jauh lebih murah jika beli banyak.

Pengalaman mencari oleh-oleh haji di Pasar Tanah Abang

Gedung Blok B Pasar Tanah Abang di jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Gedung Blok B Pasar Tanah Abang di jakarta Pusat.

Kompas.com tertarik untuk mencari oleh-oleh haji dan umrah yang ditawarkan oleh para pedagang di Pasar Tanah Abang.

Pada Rabu (7/6/2023) menjelang siang, Kompas.com pun berangkat menuju Pasar Tanah Abang. Setelah menaiki MRT turun di Stasiun Bendungan Hilir (Benhil), perjalanan berlanjut menaiki angkot JP03 (Benhil-Roxy), lalu berhenti tepat di area pasar.

Baca juga:

Siang itu sekitar pukul 13.30 WIB, kawasan pasar nampak cukup ramai. Pedagang asongan dan kuli pasar berseliweran, para pembeli yang didominasi ibu-ibu juga terlihat sibuk membawa belanjaan.

Selain beberapa bangunan utama Pasar Tanah Abang, ada juga beberapa kios dan ruko yang tersebar di sekelilingnya. Ini membuat suasana pasar semakin padat.

Menyusuri Blok C2 dan Blok C

Salah satu toko oleh-oleh haji di blok C2 Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang bisa ditemukan di pinggir jalan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu toko oleh-oleh haji di blok C2 Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang bisa ditemukan di pinggir jalan.

Angkot JP03 turun tidak jauh dari Masjid Jami’ Al Ma’mur Tanah Abang. Berjalan sedikit, rupanya sudah terlihat deretan toko oleh-oleh haji dan umrah yang berada di gedung Blok C2.

Jumlah toko di deretan Blok C2 ini lebih dari enam buah dalam satu lantai. Ukuran bangunannya rata-rata besar, bersih, dan memang baru sehingga terlihat nyaman. Posisinya persis di sebelah jalan besar, sehingga pengunjung tidak perlu berdesakan dan repot berjalan jauh.

Baca juga: 6 Tips Memilih Travel Haji dan Umrah yang Aman

Usai bertanya kepada petugas dan pedagang, rata-rata mengatakan bahwa toko oleh-oleh haji dan umrah di Pasar Tanah Abang banyak ditemukan di area Blok C dan Blok F.

Kompas.com pun menyusuri satu demi satu toko yang ada di deretan Blok C2 dan Blok C yang ternyata letaknya bersebelahan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com