Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labuan Bajo Maritime Festival 2023, Promosi Keunikan Labuan Bajo ke Mata Dunia

Kompas.com - 28/07/2023, 21:01 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berharap Labuan Bajo Maritime Festival mampu mempromosikan keunikan Labuan Bajo ke Mata Dunia.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan, salah satu kekuatan pariwisata Labuan Bajo adalah wisata bahari.

Oleh karena itu, Kemenparekraf membuat event yang berkaitan dengan bahari bersama tema penting untuk menunjukkan refleksi sejarah dan budaya yang menjadi latar belakang penting ikon Labuan Bajo.

Baca juga: Ukuran Kapal Wisata Akan Disesuaikan dengan Perairan Labuan Bajo, Cegah Kecelakaan

"Kehadiran festival itu dapat menjadi keunikan bagi Labuan Bajo, khususnya pada sektor pariwisata yang dapat dipromosikan ke masyarakat Indonesia maupun internasional," kata Vinsen saat mengikuti Labuan Bajo Maritime Festival, Jumat (28/7/2023).

Ia menyebutkan, festival itu adalah salah satu strategi dari sektor pariwisata dengan sebutan storynomic.

Baca juga: Labuan Bajo Maritime Festival 2023 Suguhkan 3 Waktu dari Labuan Bajo

Maknanya, setiap atraksi wisata yang dimiliki punya cerita yang menarik dan akan mendorong orang untuk bisa datang ke Labuan Bajo.

Harus berdampak kepada masyarakat

Vinsensius berharap semakin banyak orang lagi yang ikut meramaikan Labuan Bajo Maritime Festival selama tiga hari sebagai bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) dapat memberi dampak bagi masyarakat Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Penyelenggaraan event itu, lanjut dia, bukan hanya untuk selebrasi atau seremoni, tetapi harus beri dampak bagi masyarakat sekitar secara ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan.

Ilustrasi penyelenggaraan acara di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi penyelenggaraan acara di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Salah satu tujuan event adalah untuk mengangkat ekonomi masyarakat lokal melalui partisipasi usaha UMKM. Karena itu aspek keberlanjutan harus ada dalam suatu penyelenggaraan event," imbuhnya.

Pantauan Kompas.com, wisatawan domestik hingga mancanegara turut menghadiri Labuan Bajo Maritim Festival sejak sore hingga malam hari.

Baca juga: Banyak Kapal Wisata Tenggelam, Check In Pelabuhan Labuan Bajo Akan Satu Pintu

Dikutip dari Kompas.com (27/7/2023), acara terbagi dalam beberapa bagian, seperti Kronik Maritim Tiga Masa, Maritime Night Market, Family Fiesta, Cultural Exhibition seperti Toto Kopi, Animal Pop Komodo, dan Maritime Sport. 

Gelaran event juga kental akan nuansa pesisir Labuan Bajo, sekaligus tetap menampilkan budaya Manggarai yang identik dengan nuansa pegunungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com