Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Raya Kendari: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik 

Kompas.com - 20/08/2023, 22:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kebun Raya Kendari merupakan salah satu kebun raya di Indonesia yang berada di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tepatnya di Jalan Kebun Raya Nanga-Nanga, Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kendari.

Kebun Raya Kendari menjadi alternatif wisata di kota yang berjuluk Kota Lolo ini. Lokasi Kebun Raya Kendari cukup strategis lantaran hanya berjarak 12 kilometer (km) atau 30 menit berkendara dari pusat kota.

Baca juga:

Berikut informasi mengenai daya tarik Kebun Raya Kendari, harga tiket, dan jam bukanya.

Daya tarik  Kebun Raya Kendari

Daya tarik Kebun Raya Kendari adalah didirikan di atas lahan bekas tambang batu dan pasir serta perambahan hutan, berdasarkan informasi dari website Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun raya yang diresmikan pada Oktober 2019 ini, mengusung tema Konservasi Tumbuhan Ultrabasa, lantaran kondisi tanah dan batuan di kawasan Kendaru yang mengandung batuan ultrabasa, seperti dilansir dari website Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).  

Kebun Raya Kendari memiliki luas 96 hektar, terdiri atas 18 hektar hutan lindung dan 78 hektar hutan produksi tetap. Penataan kebun raya ini dilaksanakan pada periode 2015 hingga 2018, dengan total anggaran mencapai Rp 39,9 miliar.

Sejumlah koleksi tanaman di Kebun Raya Kendari antara lain, tanaman ultrabasa, tanaman hias, tanaman pangan, tanaman obat, tanaman bahan bangunan,  tumbuhan endemik, dan sebagainya.

Baca juga:

Selain beragam flora, Kebun Raya Kendari memiliki sejumlah fasilitas lainnya. Pengunjung akan menjumpai aliran sungai kecil di tengah kebun raya sehingga menambah kesan sejuk dan segar.

Selain itu, Kebun Raya Kendari memiliki taman tematik, menara pandang, gazebo, camping ground, mushola, toilet, area parkir, visitor center, dan pusat studi atau penelitian.

Jika beruntung, wisatawan juga bisa menjumpai sejumlah fauna di Kebun Raya Kendari, seperti ayam hutan, ular, dan satwa lainnya. Dengan beragam daya tarik tersebut, tidak heran jika Kebun Raya Kendari merupakan salah satu destinasi populer di kota ini untuk melepas kejenuhan dari kawasan perkotaan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com