Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 15:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sulawesi Tenggara terkenal akan daya tarik wisata bahari, salah satunya pantai dengan hamparan pasir putihnya. Salah satu tempat wisata bahari yang populer yaitu Wakatobi.

Padahal, sejatinya, daya tarik Sulawesi Tenggara tidak hanya berpusat terhadap pantainya. Ada juga wisata sejarah yang tak kalah menarik.

Baca juga: 

"Ada banyak wisatanya, tidak hanya Wakatobi," kata Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Mazi di sela acara Nusaraya di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023).

Ali pun menyebutkan beberapa tempat wisata selain Wakatobi yang bisa dikunjungi saat di Sulawesi Tenggara. Berikut selengkapnya:

Tempat wisata di Sulawesi Tenggara, tak hanya Wakatobi

1. Pantai Pasir Putih Mutiara

Pantai Mutiara di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara merupakan pantai yang indah, pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini menjadi andalan bagi warga desa di sekitarnya untuk berakhir pekan.KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Pantai Mutiara di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara merupakan pantai yang indah, pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini menjadi andalan bagi warga desa di sekitarnya untuk berakhir pekan.

Pantai Pasir Putih Mutiara ialah pantai dengan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (16/8/2016), Desa Gumanano jaraknya sekitar 84 kilometer dari Pelabuhan Wamngkolo. Di lokasi ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan perpaduan hamparan pasir putih dan beningnya air laut.

Wisatawan dapat berenang, bermain pasir di tepi pantai, atau oto-foto dengan latar laut.

Baca juga: Indahnya Pasir Putih Pantai Mutiara di Buton

2. Toronipa

Pantai Toronipa, pantai pasir putih di Sulawesi Tenggara.Dok. Shutterstock/muh.zailani sanusi Pantai Toronipa, pantai pasir putih di Sulawesi Tenggara.

Toronipa merupakan salah satu pantai yang ramai kunjungi oleh wisatawan. Lokasinya ada di Kelurahan Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pantai Toronipa terletak di ujung timur salah satu teluk yang mengapit Kota Kendari, dikutip dari Kompas.comMinggu (7/11/2022).

Nama Toronipa diambil dari bahasa Bugis toro nipa, yang artinya pohon nipa yang turun.

Pantai Toronipa terkenal akan pasir putih, ditambah ratusan pohon cemara dan pohon kelapa.

Wisatawan dapat berlibur sembari mencoba banana boat, naik jetski, atau duduk di sekitar pantai dan gazebo.

Jika mampir ke Pantai Toronipa, jangan lewatkan momen pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) di bibir pantai.

Baca juga: 6 Fakta Benteng Keraton Buton yang Terluas di Dunia 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com