Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pesona Air Terjun Moramo di Sulawesi Tenggara

Kompas.com - 27/08/2023, 14:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Air terjun Moramo merupakan sebuah obyek wisata yang berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Air terjun Moramo mempunya sejumlah daya tarik yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Konawe Selatan.

Air terjun Moramo merupakan sebuah hidden gem, lantaran lokasinya berada di tengah hutan.  Meskipun berada di tengah hutan, namun air terjun Moramo mempunyai keindahan serta keunikan yang jarang dimiliki air terjun lainnya.

Baca juga:

Air terjun Moramo diresmikan oleh pada 29 Desember 1989. Keberadaan air terjun ini pertama kali ditemukan oleh seorang transmigran asal Jawa pada sekitar 1980-1982, saat membuka hutan untuk menjerat anoa, berdasarkan informasi dari Kompas.com (22/3/2011).

Selanjutnya, pemerintah membuat jalan ke lokasi pada 1989 dan pada 1990 obyek wisata ini mulai dibuka untuk umum. Lantas, apa pesona air terjun Moramo? Simak ulasannya berikut ini. 

Salah satu atraksi kesenian di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Sulawesi Tenggara.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Salah satu atraksi kesenian di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Sulawesi Tenggara.

1. Memiliki 67 undakan 

Daya tarik utama air terjun Morama adalah bentuknya yang bertingkat (escade) dengan ketinggian sekitar 100 meter. Terdapat sekitar 67 undakan, yang terdiri dari 7 undakan besar dan 60 undakan kecil.

Air terjun tersebut, mengaliri bebatuan granit dan kapur. Menariknya, pengunjung tidak akan menjumpai lumut di bebatuan tersebut, lantaran aliran airnya mengandung kapur sehingga lumut sulit tumbuh, berdasarkan informasi dari Kompas.com (22/3/2011).

Baca juga:

Jadi, wisatawan bisa mendaki undakan air terjun tersebut, dengan tetap berhati-hati karena tetap licin. Selain itu, terdapat kolam dengan kedalaman sedang yang bisa menjadi tempat berendam.

Aliran air terjun Moramo berasal dari Sungai Biskori di Pegunungan Tambolosu, Desa Ulusena, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com