Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Kerja Toilet di Pesawat, Pakai Udara Bukan Air

Kompas.com - 16/03/2024, 12:01 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Toilet di pesawat merupakan salah satu hal yang sering dipertanyakan mengenai cara kerjanya. Terutama bagaimana pembuangan limbah toilet tersebut dilakukan.

Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat, tentu menggunakan toilet pesawat akan terasa biasa saja.

Namun, apa sebenarnya yang terjadi saat kita menggunakan toilet di pesawat terutama saat mengudara.

Baca juga: Pramugari Ini Sarankan Penumpang Tak Minum Kopi di Pesawat, Mengapa?

Dilansir dari CNN Travel, Jumat (15/03/2024) Penggunaan air untuk membasuh toilet pesawat tidak diperbolehkan karena pembatasan berat pesawat. Sebagai alternatif, pesawat menggunakan udara.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sistem evakuasi standar menggunakan tekanan udara diferensial untuk mengosongkan wadah, didesain oleh James Kemper pada tahun 1975.

Tangki limbah, tempat semua residu dari toilet berkumpul, umumnya terletak di bagian belakang pesawat, dan kadang-kadang juga di bagian depan. 

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Sandiaga Ungkap RI Kekurangan 300 Pesawat

Saat tombol flush ditekan, katup di bagian bawah kloset toilet terbuka, menghubungkannya dengan pipa di bawahnya. Pipa dan tangki limbah tersebut diberi tekanan, sehingga ketika katup terbuka, tercipta vakum yang menarik keluar isi kloset

Nigel Jones, seorang pakar teknik penerbangan dari Kingston University di London menjelaskan bahwa proses vakum ini terus berlangsung saat pesawat berada di udara.

Ilustrasi toilet pesawat.Dok. Traveller.com.au Ilustrasi toilet pesawat.

Namun, ketika pesawat mendarat, tekanan diferensial tidak relevan lagi, sehingga sistem flush toilet dioperasikan oleh pompa yang menciptakan vakum di tangki. 

Saat pesawat mencapai ketinggian dan tekanan diferensial di tangki meningkat, vakum secara alami terbentuk dan pompa berhenti beroperasi.

Baca juga: Cuaca Buruk, 2 Pesawat Wings Air Putar Balik ke Lombok

Kloset toilet dilapisi dengan teflon untuk mencegah penempelan residu, sehingga tekanan diferensial dapat membersihkan mangkuk dengan cepat dan efisien.

Tidak hanya itu, tangki limbah yang terisi harus secara rutin dikosongkan melalui kendaraan layanan bandara yang dikenal sebagai honey wagons. Proses ini telah teruji selama 50 tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com