Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Pesawat Pesawat Citilink Kini Boleh Lepas Masker

Kompas.com - 14/06/2023, 14:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaku perjalanan yang naik pesawat Citilink boleh tidak memakai masker. Pasalnya maskapai penerbangan ini telah mencabut syarat pemakaian masker.

Kebijakan tersebut merupakan implementasi dari Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 16 Tahun 2023 Tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Udara pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca juga:

"Citilink mendukung penuh kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia dalam hal peniadaan syarat penggunaan masker bagi pelaku perjalanan," kata Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai, lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (14/6/2023).

Kebijakan baru ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi mobilitas pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi udara.

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Terbaru, Vaksin Dianjurkan sampai Booster Kedua

Ilustrasi pelaku perjalanan di salah satu bandara kelolaan PT Angkasa Pura I.Dok. PT AP I Ilustrasi pelaku perjalanan di salah satu bandara kelolaan PT Angkasa Pura I.

Adapun dalam SE Nomor 16 Tahun 2023 dipaparkan, penumpang pesawat diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Sebaliknya, apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19, pelaku perjalanan dianjurkan untuk tetap memakai masker yang tertutup.

Dalam SE tersebut, penumpang pesawat juga dianjurkan tetap memperoleh vaksinasi Covid-19 booster kedua atau dosis keempat, serta tetap menggunakan aplikasi SATU SEHAT.

Baca juga:

Tidak hanya bagi penumpang pesawat, Citilink juga mulai menerapkan kebijakan pencabutan syarat pemakaian masker untuk awak kabin dan petugas darat yang bertugas.

Kendati demikian, maskapai penerbangan ini tetap mewajibkan awak kabin dan petugas darat untuk melakukan self-assessment kondisi kesehatannya dan menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin saat bertugas.

“Citilink senantiasa tetap memonitor perkembangan pelaksanaan protokol kesehatan di masa transisi endemi ini dalam rangka mengendalikan penularan Covid-19," pungkas Dewa.

Baca juga: Penumpang Pesawat Lion Group Kini Tak Wajib Pakai Masker

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com