Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Camping di Bandung, Ada Lokasi Tepi Danau dan Sungai

Kompas.com - 28/06/2023, 15:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Camping atau berkemah menjadi salah satu aktivitas seru untuk mengisi liburan sekolah. Kamu bisa camping bersama keluarga atau teman-teman di alam terbuka.

Jika ingin liburan ke Kota Kembang, ada tempat camping di Bandung yang bisa menjadi alternatif. Ada pilihan camping di area hutan pinus, kebun teh, tepi sungai, dan tepi danau.

Baca juga:

Tempat camping di Bandung

Berikut pilihan tempat camping di Bandung seperti dihimpun Kompas.com.

1. Ranca Upas 

Ranca Upas, Bandunginstagram.com/ranca_upas Ranca Upas, Bandung

Ranca Upas adalah salah satu tempat camping populer di Bandung. Obyek wisata ini sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu lantaran sebagian rumput dirusak para pengguna motor trail.

Namun, kini tempat penangkaran rusa itu sudah kembali menghijau setelah dilakukan penanaman tumbuhan kembali.

Selain penangkaran rusa, Ranca Upas memiliki bumi perkembahan, fasilitas outbound, pemandian air panas alami, dan lainnya. Berada di ketinggian 1.700 mdpl, membuat suhu udara di Ranca Upas cukup dingin, yakni sekitar 17-20 derajat celcius.

Jika kamu ingin mengisi waktu libur dengan camping di Ranca Upas, lokasinya ada di Jalan Raya Ciwidey - Patengan KM 11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

2. Taman Langit Pangalengan 

Taman Langit Pangalengandokumentasi pribadi Taman Langit Pangalengan Taman Langit Pangalengan

Tempat camping di Bandung ini memiliki nama lengkap Taman Langit Pangalengan 360. Sesuai namanya, kamu bisa menyaksikan pemandangan Pangalengan secara 360 derajat, dari ketinggian 1.670 mdpl, seperti dikutip dari Kompas.com (16/5/2023).

Selain area camping, Taman Langit Pangalengan merupakan obyek wisata berupa panorama hamparan kebun teh hijau dari ketinggian. Harga tiket masuk Taman Langit Pangalengan adalah Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Jika hendak camping, tiket masuknya sebesar Rp 35.000. Sementara tarif camping mulai dari Rp 450.000, tergantung paket yang dipilih.

Lokasinya ada di Kampung Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

3. Pine Forest Camp 

Pine Forest Camp Bandunginstagram.com/pineforestcamplembang Pine Forest Camp Bandung

Jika ingin camping di tengah hutan pinus, maka Pine Forest Camp adalah pilihan tepat. Pine Forest Camp adalah area perkemahan eksklusif yang dikelilingi hutan pinus.

Lokasinya di Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat Pine Forest Camp memiliki udara sejuk dan lingkungan asri.

Area camping ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap. Ada kamar mandi umum, jalur trekking, area api unggun, gazebo, mushala, aula terbuka, dan area outbond.

Baca juga:

4. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole, Lembang BandungDok. http://www.grafikacikole.com Terminal Wisata Grafika Cikole, Lembang Bandung

Berada di kaki gunung Tangkuban Perahu, Terminal Wisata Grafika Cikole memiliki udara sejuk dan segar. Area wisata seluas 9 hektare ini dikelilingi hutan pinus di ketinggian 1400 mdpl.

Obyek wisata ini menawarkan paket wisata komplit, meliputi penginapan, area camping, ruang pertemuan, restoran, outbond, spot foto, serta koleksi flora dan fauna. 

Alamat Terminal Wisata Grafika Cikole, berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 23, Cikole, Lembang, Bandung Barat. 

Jika wisatawan ingin menginap di alam terbuka, maka bisa memilih tipe Tenda Dome dengan tarif Rp 460.000 per tenda. Kapasitasnya empat orang per unit dengan alas permanen sehingga tidak bersentuhan langsung dengan tanah. 

Tarif tersebut sudah mencakup fasilitas tiket masuk lokasi wisata, tenda dome, alas tenda, sleeping bag, mi instan, air galon, colokan listrik, kamar mandi air panas (fasilitas bersama), dan api unggun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com