Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Kopi dan Tenun di Hutan Bambu Saat Festival Wolobobo 2023

Kompas.com - 01/07/2023, 17:08 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Festival Wolobobo 2023 di Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah digelar sejak Rabu (28/6/2023) hingga Jumat (30/6/2023). 

Digelar di Pasar Hutan Bambu Turetogo, acara ini menjadi waktu bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) dari Kabupaten Ngada dan Flores untuk memasarkan beragam produk, antara lain kopi, kerajinan tangan dari bambu, dan kain tenun.

Baca juga:

Di pasar ini terdapat beraneka ragam kopi, khususnya kopi arabika yang menjadi ciri khas setempat, yang dijajakan oleh para petani dan pegiat kopi. Begitu juga dengan kain tenun dari pewarna alami.

Selain itu, aneka kerajinan dari bambu juga ditampilkan oleh para pegiat bambu.

Sebelum memasuki pasar, para pengunjung akan disambut oleh sejumlah petugas pasar. Mereka menyiapkan "mata uang" berbentuk segi empat terbuat dari bambu.

Para wisatawan ditawarkan untuk untuk membeli "mata uang" tersebut, yang nantinya akan menjadi "mata uang" dalam pasar bambu ini.

Foto : Tarian Jai ditampilkan saat pembukaan Festival Wolobobo pada Rabu (28/6/2023)Dokumen panitia Foto : Tarian Jai ditampilkan saat pembukaan Festival Wolobobo pada Rabu (28/6/2023)

Di bawah rindangnya pohon bambu, ibu-ibu dari sejumlah desa menjajakan makanan lokal serta kerajinan bambu. Pengunjung juga bisa langsung menikmati hidangan tersebut.

"Ini menarik dan seru. Di sini kita bisa menikmati kopi dan sorgum di bawah rimbunan bambu. Pulang juga kita bisa bawa oleh-oleh khas kerajinan tangan dari bambu dan tenun," kata salah seorang pengunjung bernama Diana, pada Kamis (29/6/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan, berwiisata di hutan bambu tersebut merupakan aktivitas yang unik lantaran belum banyak yang memanfaatkan hutan bambu sebagai spot wisata.

"Hutan bambu Ngada ini bisa jadi rekomendasi bagi wisatawan yang suka menjelajah," tambahnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com