Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 3 Juli 2023, Masuk Pantheon di Roma Wajib Bayar Rp 81.000

Kompas.com - 04/07/2023, 21:52 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Mulai Senin (3/7/2023), wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantheon di Roma, Italia, wajib membayar tiket masuk sebesar lima euro atau sekitar Rp 81.848. 

"(Biaya tiket masuk ini) tidak akan menghentikan orang-orang untuk berkunjung," tutur salah seorang pengunjung Pantheon dari Perancis yang tengah mengantre tiket masuk, Camille Piallat, dikutip dari AFP, Selasa (4/7/2023).

Baca juga:

Peraturan terkait biaya tiket masuk ini tidak berlaku bagi pengunjung anak dan penduduk Roma.

Dilansir dari situs web resmi Pantheon, tiket masuk ke gereja tersebut juga bisa dibeli secara daring, khususnya bagi wisatawan yang ingin mengikuti tur berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Baca juga: Rusak Monumen di Roma akibat Naik Skuter, 2 Turis Didenda Rp 6 Juta

Ilustrasi bagian dalam Pantheon di Roma, Italia.Dok. Unsplash/ Federico Di Dio photography Ilustrasi bagian dalam Pantheon di Roma, Italia.

Sebelumnya Pantheon boleh dikunjungi wisatawan secara gratis. Kemudian kabar mengenai penerapan tiket masuk ini telah beredar sejak Maret 2023. 

Penerapan biaya tiket masuk tersebut merupakan bagian dari inisiatif nasional untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dari aset budaya negara, dikutip dari Schengenvisainfo.com.

Pihak Kementerian Pariwisata Italia menargetkan 70 persen dari pendapatan tersebut untuk biaya pembersihan dan pemeliharaan, sedangkan sisanya untuk Keuskupan Roma.

Baca juga:

Dikenal sebagai peninggalan Romawi kuno, Pantheon memiliki kubah berdiameter 43 meter dengan lubang melingkar yang memungkinkan masuknya cahaya.

Pantheon sempat terbengkalai, namun dijadikan gereja pada abad ketujuh di bawah kepemimpinan Paus Bonifasius IV. 

Baca juga: Jangan Seenaknya Selfie di Kota di Italia Ini, Bisa Denda Rp 4 Juta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com