Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Pantai Sawarna Naik DAMRI, Berangkat dari Stasiun Rangkasbitung

Kompas.com - 16/07/2023, 19:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melihat deburan ombak di tepi pantai bisa jadi ide liburan yang menyenangkan untuk dicoba saat liburan.

Salah satu pantai terdekat dari Jakarta yang bisa dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Sawarna. Lokasinya ada di Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

"Biasanya wisatawan ramai berkunjung ke Pantai Sawarna saat musim liburan, apalagi saat akhir pekan," kata petugas divisi Pelayanan Usaha DAMRI cabang Serang Rafi kepada Kompas.com, Minggu (16/7/2023).

Baca juga:

Bila berencana mampir ke Pantai Sawarna, Kompas.com merangkum transportasi ke Pantai Sawarna yang bisa ditumpangi oleh wisatawan:

Cara ke Pantai Sawarna naik DAMRI

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Sawarna bisa memilih naik transportasi umum untuk menghemat bujet. 

Caranya, wisatawan menumpangi KRL Commuter Line menuju Stasiun Rangkasbitung. Kereta menuju Stasiun Rangkasbitung bisa diakses dari Stasiun Tanah Abang di peron 5 maupun peron 6.

Bila datang dari arah Bogor, wisatawan bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Manggarai. Dari Stasiun Manggarai, transit menuju Stasiun Tanah Abang.

Wisatawan yang datang dari arah Jakarta Kota bisa naik KRL tujuan Bogor, kemudian turun di Stasiun Manggarai. Dari Stasiun Manggarai transit menuju Stasiun Tanah Abang.

Baca juga:

Wisatawan yang datang dari arah Bekasi bisa naik KRL tujuan Stasiun Kampung Bandan, kemudian turun di Stasiun Jatinegara.

Di Stasiun Jatinegara transit menuju Stasiun Manggarai, dan di Stasiun Manggarai transit kembali menuju Stasiun Tanah Abang.

Suasana di Stasiun Rangkasbitung.KOMPAS.com / Suci Wulandari Putri Suasana di Stasiun Rangkasbitung.

Sementara wisatawan yang datang dari arah Tangerang, bisa naik KRL menuju Stasiun Duri, kemudian transit menuju Stasiun Tanah Abang.

Dari Stasiun Tanah Abang, KRL akan melaju dan melayani penumpang di Stasiun: Palmerah, Kebayoran, Pondok Ranji, Jurang Mangu, Sudimara, Rawa Buntu, Serpong, Cisauk, Cicayur, Parung Panjang, Cilejit, Daru, Tenjo, Tigaraksa, Cikoya, Maja, Citeras, dan berhenti di Stasiun Rangkasbitung.

Waktu tempuh naik KRL dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Rangkasbitung yakni sekitar dua jam perjalanan. Sampai di Stasiun Rangkasbitung, wisatawan bisa jalan ke arah pintu keluar stasiun dan menuju loket tiket DAMRI tujuan Pantai Sawarna.

"Lokasi loket di Stasiun Rangkasbitung berada di depan gerai Roti O," kata Rafi.

Baca juga:

Tarif naik DAMRI dari Stasiun Rangkasbitung menuju Pantai Sawarna yakni Rp 60.000 per orang. DAMRI dari Stasiun Rangkasbitung ke Pantai Sawarna melayani penumpang setiap hari pukul 07.30 WIB dan pukul 11.30 WIB.

DAMRI yang ditumpangi nantinya akan berhenti tepat di gerbang masuk Pantai Sawarna. Di gerbang, wisatawan dapat membeli tiket masuk Pantai Sawarna dengan tarif Rp 5.000 per orang.

Dari arah gerbang masuk, wisatawan bisa jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di tepi Pantai Sawarna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com