Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Lihat Karakter Lucu di Monas, Ada Dalang Pelo dan Gugug!

Kompas.com - 21/08/2023, 17:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berwisata ke Monumen Nasional (Monas) dan sekitarnya di Jakarta Pusat, kamu bisa sambil mampir melihat beberapa karakter lucu nan menggemaskan karya para kreator lokal. 

Karakter-karakter tersebut hadir dalam Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) by Pop Art, yang digelar mulai Sabtu (19/8/2023) sampai Minggu (3/9/2023) di Taman Sisi Selatan Monas, Jakarta Pusat. 

Baca juga:

Tertarik mengenal para karakter patung kekayaan intelektual (intellectual property atau IP) Tanah Air, Kompas.com pun berkunjung ke FKKI pada hari pertama pembukaan, Sabtu (19/8/2023). 

Lihat aneka karakter lucu

Sebagai informasi, untuk melihat festival ini pengunjung tidak dikenai biaya masuk. Siapa pun bebas berkunjung, asal mengikuti aturan, salah satunya tidak menyentuh patung. 

Sabtu sore lalu, Kompas.com mengikuti pembukaan sekaligus melihat-lihat area Taman Sisi Selatan Monas. Meski tidak terlalu besar, aneka karakter berwarna-warni yang dipajang terlihat menarik. 

Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) by Pop Art digelar di taman sisi selatan Monas, Jakarta Pusat, 19 Agustus-3 September 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) by Pop Art digelar di taman sisi selatan Monas, Jakarta Pusat, 19 Agustus-3 September 2023.

Di bagian depan, terdapat gerbang buatan bertuliskan Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) by Pop Art. Jika berjalan lurus, pengunjung akan melihat papan bertuliskan "5 Finalis Lomba Desain Ikon Resmi Jakarta".

Dari informasi yang Kompas.com himpun, nantinya pada Sabtu (26/8/2023), akan ditampilkan karakter yang menjadi pemenang lomba desain icon resmi Jakarta tersebut. 

Lanjut ke bagian berikutnya, terpajang 15 patung jenama kekayaan intelektual (intellectual property atau IP) Tanah Air.

Baca juga: 5 Tips Lihat Festival Karakter Lucu di Monas, Jangan Sentuh Patung

Meski mungkin belum semuanya familiar bagi pengunjung, seluruh karakter terbukti cukup menarik perhatian karena banyaknya pengunjung yang berfoto di depannya.

Adapun kelima belas karakter adalah Trungtung, Tickle Fickle, Fun Cican, Gugug!, Biklan, Kunokai, Mora & Olfi, Nomnomsters, Volt, Petir, Petualangan Sherina 2, Vernalta, Dalang Pelo, Balpil, dan Mice Cartoon.

Karakter IP tersebut berukuran tidak terlalu besar, didirikan di atas kotak bertuliskan deskripsi singkat, barcode, dan telapak tangan kreator yang menciptakannya. 

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Monas di Jakarta Terbaru, Agustus 2023

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com