Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air dan Lion Air Masuk Daftar Maskapai Terburuk Dunia, karena Sering Telat?

Kompas.com - 24/08/2023, 10:34 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua maskapai penerbangan asal Indonesia, yakni Wings Air dan Lion Air, masuk daftar maskapai terburuk di dunia pada 2023 versi platform layanan perjalanan Bounce.

Dalam daftar maskapai terburuk di dunia tersebut, Wings Air menduduki peringkat pertama dengan nilai 0,37. Disusul oleh Lion Air diperingkat kedua dengan nilai 0,67.

"Wings air memiliki skor indeks terendah pada 2023, yaitu hanya 0,37 dari 10," dikutip dari laman resmi Bounce, Kamis (24/8/2023).

Baca juga: Lion Air dan Wings Air Urutan Teratas Maskapai Terburuk di Dunia 2023

Untuk diketahui, Wings Air dan Lion Air merupakan maskapai penerbangan yang berada di bawah naungan PT Lion Group.

Melihat hal ini, Bounce memaparkan alasan Wings Air dan Lion Air menjadi maskapai terburuk di dunia.

Skor buruk dalam ketepatan waktu tiba

Melalui laman resminya, Bounce memaparkan data bahwa Wings Air merupakan maskapai yang memiliki tingkat kedatangan tepat waktu terendah, yakni sebesar 47,69 persen.

Selain itu, Wings Air juga punya persentase tertinggi kedua dalam hal tingkat pembatalan penerbangan, yakni sebesar 15,91 persen.

Artinya, penerbangan Wings Air kerap terlambat dan berisiko jika dipilih oleh penumpang yang punya jadwal yang padat.

Baca juga:

Tidak hanya itu, selain tingkat keandalan yang rendah, Wings Air juga disebut tidak menawarkan bagasi gratis kepada penumpang kelas ekonomi, serta makanan dan hiburan yang ditawarkan selama penerbangan hanya mendapat skor 1 dari 5.

"Meskipun maskapai ini meraih skor 3 dari 5 untuk kenyamanan kursi, layanan star dalam penerbangan perusahaan mendapat skor 2 dari 5," papar Bounce.

Sementara untuk Lion Air, dari data yang diperoleh Bounce, kurang dari separuh penerbangan yang dioperasikan Lion Air tiba tepat waktu, dan sekitar 20,01 persen penerbangan Lion dibatalkan.

"Namun, Lion Air adalah salah satu dari sedikit maskapai penerbangan bertarif rendah yang menyertakan bagasi terdaftar di beberapa tiket kelas ekonominya," jelas Bounce.

Baca juga: 5 Tips Dapat Tiket Pesawat dan Hotel Murah Saat Last Minute

Hal ini dapat dilihat dari kapasitas bagasi gratis yang diperoleh penumpang sebesar 20 kilogram pada penerbangan domestik.

@kompastravel Membalas @fin.458_ Kurang lebih seperi itu guys etika menggunakan travelator. Pada intinya balik lagi kepada aturan yang telah ditetapkan di tempat kamu berada. Happy traveling ya guys! #travelerlife #traveldiaries #airportlife #solotrip #bandarasoekarnohatta ? Obituary - Alexandre Desplat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com