Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Kabupaten Garut dan Sosok Pahlawan dari Korea Selatan 

Kompas.com - 30/08/2023, 22:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Garut tengah menjadi buah bibir di kalangan netizen. Hal ini usai Pemerintah Kabupaten Garut mengungkapkan rencana pembuatan film kolaborasi Indonesia-Korea Selatan (Korsel).

Film yang rencananya diberi judul Tanah Air Kedua ini, akan mengangkat kisah nyata perjuangan Yang Chil Sung, pejuang Korsel yang tinggal di Kabupaten Garut pada masa Perang Dunia II, seperti dikutip dari website resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga:

Menariknya, aktor ternama Korsel, Kim Bum, rencananya akan berperan sebagai pemeran utama yakni karakter Yang Chil Sung alias Komarudin. Sedangkan, istri Komarudin, yang merupakan perempuan asli dari Garut, akan diperankan oleh Maudy Ayunda.

Namun demikian, pihak manajemen Maudy Ayunda mengaku baru mengetahui informasi tersebut.

“Doain ya, kami juga baru tahu infonya pagi ini dari TikTok," kata manajemen Maudy Ayunda dikutip dari Kompas.com, Selasa (29/8/2023).

Terlepas dari rencana kolaborasi pembuatan film tersebut, sejarah Kabupaten Garut sekaligus sosok Yang Chil Sung, menarik untuk diketahui. Berikut sejarah Kabupaten Garut yang dihimpun Kompas.com.

Sejarah Kabupaten Garut 

Situ Bagendit merupakan salah satu danau yang ada di daerah Garut Jawa Barat.visitgarut.garutkab.go.id Situ Bagendit merupakan salah satu danau yang ada di daerah Garut Jawa Barat.

Sejarah Kabupaten Garut berawal dari pembubaran Kabupaten Limbangan pada 1811 oleh Gubernur Jenderal Belanda Daendels, berdasarkan informasi dari website Pemerintah Kabupaten Garut. Namun usai digantikan oleh Gubernur Jenderal Raffles, diputuskan pembentukan kembali Kabupaten Limbangan, yang beribu kota di Suci.

Akan tetapi, Suci dinilai kurang cocok sebagai ibu kota kabupaten karena wilayahnya sempit. Kemudian, Bupati Limbangan Adipati Adiwijaya (1813-1831) membentuk panitia untuk mencari tempat yang cocok sebagai ibu kota kabupaten.

Selanjutnya, panitia tersebut mencari lokasi ke arah barat hingga menemukan wilayah yang cocok. Selain tanahnya subur, tempat tersebut memiliki mata air yang mengalir ke Sungai Cimanuk.

Baca juga:

Selain itu, wilayah tersebut memiliki pemandangan indah karena dikelilingi gunung, seperti Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Galunggung, Gunung Talaga Bodas dan Gunung Karacak. Wilayah tersebut merupakan cikal bakal dari Kota Garut sekarang ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com