Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pesona Taman Laut Olele, Surga Tersembunyi di Gorontalo 

Kompas.com - 19/09/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi Gorontalo mempunyai kekayaan bahari yang menawan, salah satunya adalah Taman Laut Olele. Wisata bahari yang berada di Teluk Tomini ini, dijuluki The Hidden Paradise in Sulawesi alias surga tersembunyi di Sulawesi, berdasarkan informasi dari situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta).

Taman Laut Olele berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Jaraknya dari pusat Kota Gorontalo sekitar 28 kilometer (km) atau satu jam berkendara.

Baca juga:

Selain perjalanan darat, wisatawan bisa naik speedboat dari Pelabuhan Gorontalo, dengan durasi lebih singkat, yakni 10 menit saja, berdasarkan informasi dari Kompas.com (27/10/2019).

Keindahan Taman Laut Olele sudah terkenal di kalangan wisatawan nusantara dan mancanegara. Lantas, apa daya tarik Taman Laut Olele? Simak ulasannya berikut ini.

1. Air biru jernih

Saat tiba di Pantai Olele, wisatawan akan disambut dengan hamparan lautan luas dengan air biru jernih, seperti dikutip dari situs Direktori Pariwisata. Air laut biru tersebut berkilauan saat terkena pancaran sinar matahari.

Saking jernihnya, wisatawan bisa melihat dasar lautan dari bibir pantai. Dibingkai dengan pegunungan hijau, menambah keelokan Pantai Olele.

Beberapa perahu nelayan tampak bersandar di tepian pantai, sehingga menambah kekayaan panorama di pantai tersebut.

2. Ada 9 spot diving 

Terumbu karang Salvador Dali, terumbu karang di Gorontalo yang mirip dengna bentuk isi kepala manusia.Shutterstock Terumbu karang Salvador Dali, terumbu karang di Gorontalo yang mirip dengna bentuk isi kepala manusia.

Panorama bawah laut atau lebih dikenal sebagai Taman Laut Oleole tidak kalah menariknya. Setidaknya ada sembilan spot diving yang indah di Taman Laut Oleole, seperti dikutip dari situs Direktori Pariwisata.

Jika wisatawan ingin menjelajahi semua spot diving tersebut, butuh waktu sekitar 6-8 jam. Untuk menuju spot diving tersebut, wisatawan akan dibawa naik perahu.

Baca juga:

Taman Laut Oleole menyimpan beragam terumbu karang yang indah dan unik, seperti informasi di situs Jadesta Kemenparekraf. Menariknya, tidak semua terumbu karang tersebut berada di laut yang dalam.

Adapula terumbu karang di laut dangkal dengan kedalaman 0,5-1 meter dari permukaan air laut. Jadi, penyelam pemula juga dapat menikmati panorama indah di Taman Laut Olele.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com