Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Bukit di Gorontalo, Ada Negeri di Atas Awan

Kompas.com - 11/09/2023, 23:00 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Menikmati keindahan panorama Gorontalo dari ketinggian menjadi alternatif wisata di kota yang berbatasan dengan Teluk Tomini ini. Wisatawan bisa menikmati panorama Kota Gorontalo dan lautan dari sejumlah bukit.

Wisata bukit di Gorontalo memiliki keunikan masing-masing. Kawasan bukit di Gorontalo dilengkapi dengan beragam atraksi wisata, seperti benteng bersejarah, masjid, olahraga paralayang, dan kolam renang.

Baca juga:

Wisata bukit di Gorontalo 

Kompas.com merangkum destinasi wisata bukit di Gorontalo, sebagai berikut.

1. Bukit Layang 

Berada di ketinggian 700 mdpl, wisata Bukit Layang menjadi tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan Gorontalo dari ketinggian. Lokasinya berada di Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo, berdasarkan informasi dari Tribun Gorontalo.

Dari puncak bukit, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Teluk Tomini yang berbatasan langsung dengan Kota Gorontalo.

Selain menikmati pemandangan, wisatawan bisa melakukan aktivitas camping di Bukit Layang. Waktu paling tepat untuk menikmati pemandangan dari Bukit Layang adalah pagi hari, lantaran wisatawan bisa mengabadikan awan yang menyelimuti Gorontalo.

2. Benteng Otanaha

komplek perbentengan Otanaha di Kota Gorontalo. Ada 3 buah benteng yang tersusun dari batu karang, Otanaha, Otahiya dan Ulupahu.Rosyid Azhar komplek perbentengan Otanaha di Kota Gorontalo. Ada 3 buah benteng yang tersusun dari batu karang, Otanaha, Otahiya dan Ulupahu.

Benteng Otanaha adalah wisata sejarah di Gorontalo yang diperkirakan dibangun pada abad ke-15, berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/4/2014). Bangunan benteng ini, berdiri di atas bukit, sehingga menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

Konon, untuk merekatkan batu pada dinding benteng, menggunakan putih telur burung maleo, yaitu burung endemik Sulawesi. Untuk menuju benteng di puncak bukit, wisatawan perlu mendaki 351 anak tangga dengan kemiringan sekitar 60 derajat. 

Lokasi Benteng Otanaha berada di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat,  atau sekitar 20 menit perjalanan darat dari Kota Gorontalo. Benteng ini bersebelahan langsung dengan Danau Limboto, satu-satunya danau di Gorontalo.

3. Bukit Arang

Ilustrasi Bukit Arang di Desa Wisata Lonuo, Gorontalo.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Bukit Arang di Desa Wisata Lonuo, Gorontalo.

Bukit Arang merupakan obyek wisata unggulan di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Melansir situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Bukit Arang dijuluki sebagai negeri di atas awan lantaran berada di ketinggian 347 mdpl. Dari atas bukit, wisatawan bisa menyaksikan keindahan Kota Gorontalo.

Bukit Arang juga menjadi spot camping populer, yang menawarkan panorama malam bertabur bintang. Selain itu, Bukit Arang menjadi lokasi wisata Paralayang satu-satunya di Gorontalo yang diminati para atlet paralayang baik lokal maupun luar daerah.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com