Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya Ditutup sampai 1 Oktober

Kompas.com - 25/09/2023, 20:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, ditutup sementara dari Senin (25/9/2023) sampai Minggu (1/10/2023) dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila.

"Tanggal 2 Oktober (Monumen Pancasila Sakti) buka seperti biasa," bunyi pesan singkat dari admin Instagram resmi Monumen Pancasila Sakti kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Baca juga:

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (30/9/2022), Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober atau sehari setelah peristiwa Pemberontakan G30S/PKI.

Peringatan ini berkaitan dengan gugurnya tujuh perwira TNI AD. Jenazah ketujuh perwira tersebut dimasukkan ke sebuah sumur yang saat ini dinamai Sumur Maut, letaknya masih di area Monumen Pancasila Sakti dan masih bisa dikunjungi.

Baca juga: Aturan Berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti, Dilarang Merokok

Sumur Maut yang ada di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (31/8/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Sumur Maut yang ada di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (31/8/2023).

Selain Sumur Maut, tempat wisata ini juga terdiri dari Museum Pengkhianatan PKI (Komunis), Gedung Paseban, Serambi Penyiksaan, Pos Komando, Dapur Umum, dan Ruang Relik. 

Bila ingin melihat diorama peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan penculikan tujuh perwira TNI AD, pengunjung bisa mengunjungi museum dan Gedung Paseban. 

Baca juga:

Sementara itu, jika ingin melihat pakaian terakhir yang dikenakan tujuh perwira dan barang-barang peninggalan lainnya, pengunjung bisa bergeser ke Ruang Relik.

Monumen Pancasila Sakti beralamat di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 15.30 WIB.

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (9/9/2023), harga tiket masuknya mulai Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 3.000 untuk pelajar.

Baca juga: Monumen Pancasila Sakti: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com