Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aktivitas di Monumen Pancasila Sakti, Lihat Baju Pahlawan Revolusi

Kompas.com - 13/09/2023, 17:35 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, bisa menjadi tempat untuk melakukan tapak tilas peristiwa G30S pada tahun 1965 silam. 

Tidak jauh dari Monumen Pancasila Sakti, terdapat sejumlah tempat yang bisa dikunjungi, antara lain Museum Pengkhianatan PKI, Gedung Paseban, Sumur Maut, Ruang Teater, Dapur Umum, dan Pos Komando. 

Baca juga:

Menurut Baur Bin Info Monumen Pancasila Sakti, Serma Muhammad Soleh, pengunjung Monumen Pancasila Sakti paling ramai umumnya dari bulan Oktober sampai Desember. 

"Pengunjung itu kalau yang paling ramai, bulan 10 sampai bulan 12. Itu membeludak, kadang kita bisa kewalahan untuk guide (pemandu)-nya," tuturnya kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2023).

Selain itu, lanjutnya, tempat bersejarah ini juga ramai setelah ujian semester, umumnya pengunjungnya berasal dari wilayah sekitar Jakarta.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Monumen Pancasila Sakti, berdasarkan Buku Panduan Monumen Pancasila Sakti yang didapat Kompas.com saat kunjungan:

Aktivitas di Monumen Pancasila Sakti

1. Mengunjungi Sumur Maut

Sumur Maut yang ada di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (31/8/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Sumur Maut yang ada di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (31/8/2023).

Berkedalaman sekitar 12 meter dan berdiameter sekitar 75 sentimeter (cm), Sumur Maut merupakan sumur tempat dimasukkannya jenazah tujuh Pahlawan Revolusi.

Adapun ketujuh Pahlawan Revolusi adalah Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI M.T. Harjono, Mayjen TNI R. Soeprapto, Mayen TNI S. Parman, Brigjen TNI D.I. Pandjaitan, Brigjen TNI Soetoyo Siswomihardjo, dan Lettu Czi Pierre Tendean. 

Sumur tersebut saat ini sudah diberi pelindung bernama Cungkup Sumur Maut dengan ukiran-ukiran. Dibangun pula pembatas dan pencahayaan. 

Baca juga: Peristiwa G30S, Berikut 5 Tempat Mengenang Pahlawan Revolusi

2. Melihat pakaian Pahlawan Revolusi

Ruang Relik atau Ruang Pakaian dan Bekas Darah di Monumen Pancasila Sakti, Kamis (31/8/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Ruang Relik atau Ruang Pakaian dan Bekas Darah di Monumen Pancasila Sakti, Kamis (31/8/2023).

Di Gedung Paseban, terdapat Ruang Relik atau Ruang Pakaian dan Bekas Darah. Seperti namanya, ruangan ini menyimpan barang-barang pribadi Pahlawan Revolusi, termasuk pakaian terakhir yang mereka kenakan saat dimasukkan ke Sumur Maut. 

Beberapa koleksi yang dipajang, antara lain surat Lettu Czi Pierre Tendean untuk kedua orangtuanya, peluru yang menembus tubuh Letjen TNI Ahmad Yani, kimono batik Brigjen TNI Soetoyo Siswomihardjo, dan kacamata Mayjen TNI M.T. Harjono.

Ada pula sepeda patroli Agen Polisi Tingkat II, Sukitman yang menjadi saksi peristiwa di Lubang Buaya tahun 1965.

Baca juga: Keliling Saksi Bisu G30S, Ada Museum yang Dulu Rumah Pahlawan Revolusi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com