Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monumen Pancasila Sakti: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Kompas.com - 09/09/2023, 08:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisata sejarah bisa dilakukan di sejumlah musem di DKI Jakarta. Salah satu yang populer seperti Monumen Pancasila Sakti atau disebut juga Lubang Buaya

Di tempat bersejarah kawasan Jakarta Timur ini, pengunjung bisa menemukan sumur berkedalaman 12 meter tempat pembuangan jasad ketujuh jendral TNI yang terbunuh pada kejadian 30 September 1965.

Saat ini, area di sekitar lubang tersebut sudah menjadi Museum Pancasila Sakti. Pengunjung bisa tapak tilas kejadian penyerangan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) kepada tujuh perwira tinggi TNI. 

Baca juga: Mengenal Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Saksi Peristiwa G30S/PKI

Memiliki area yang luas, terdapat dua bagian di Monumen Pancasila Sakti, yaitu area outdoor dan area indoor.

Pengunjung dapat melihat sumur tua bekas pembuangan jasad para jenderal dan pameran taman di area outdoor. S

Sumur Maut tempat mengubur jenazah tujuh pahlawan Revolusi di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Sumur Maut tempat mengubur jenazah tujuh pahlawan Revolusi di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur.

edangkan di area indoor, terdapat Museum PKI dan Museum Paseban yang berisi patung para Pahlawan Revolusi, diorama pemberontakan PKI, dan barang peninggalan para jenderal.

Monumen Pancasila Sakti juga menyimpan beberapa mobil peninggalan Pahlawan Revolsi. Kendaraan tersebut merupakan angkutan untuk mengangkut korban penculikan menuju Lubang Buaya.

Lokasi dan jam buka Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti berlokasi di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Monumen ini beroperasi setiap hari, termasuk hari Sabtu, Minggu, dan tanggal merah atau libur nasional. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB.

"Kalau area museum termasuk ruang nonton film itu sesuai jam operasional resmi yaitu sampai sekitar pukul 16.00 WIB," kata petugas administrasi Monumen Pancasila Sakti bernama Nanang, saat ditemui di lokasi, Rabu (30/8/2023). 

Ia melanjutkan, area luar ruangan seperti taman, Monumen Pancasila Sakti, dan lubang buaya sekitarnya bisa dikunjungi sampai pukul 17.30 WIB.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com