Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap ke Lapangan Banteng, Wisata Gratis di Jakarta Pusat

Kompas.com - 26/09/2023, 22:37 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mencari ruang terbuka publik yang gratis untuk dikunjungi saat akhir pekan atau waktu luang, bisa coba datang ke Taman Lapangan Banteng di Jakarta Pusat. 

Kerap disebut Lapangan Banteng, tempat ini jadi spot menarik bagi masyarakat, baik untuk rekreasi, wisata edukasi, maupun sekadar berbincang menikmati terbenamnya matahari.

Baca juga:

Sekitar tahun 1980-an taman ini sempat dipergunakan sebagai terminal bus untuk rute dalam dan luar kota, seperti dikutip dari laman Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Fungsi Lapangan Banteng dikembalikan lagi sebagai ruang terbuka hijau kota pada 1993. Kemudian, taman ini ditata secara bertahap dari 2004 sebelum akhirnya disempurnakan pada 2007 dan direvitalisasi pada 2018. 

Sebagai taman publik yang bisa dikunjungi gratis, Lapangan Banteng sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti olahraga, tempat bermain, foto-foto, dan eksibisi luar ruangan. 

Panduan lengkap ke Lapangan Banteng

Warga yang sedang berolahraga di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (21/9/2023) sore. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Warga yang sedang berolahraga di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (21/9/2023) sore.

Lokasi dan jam buka 

Taman Lapangan Banteng beralamat di Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Taman ini cukup dekat dengan hotel Borobudur, Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral. Lokasinya termasuk strategis sehingga mudah ditemukan oleh masyarakat.

Taman Lapangan Banteng bisa dikunjungi setiap hari Senin hingga Minggu. Jam buka taman ini saat hari biasa (weekdays) adalah pukul 06.00 WIB-20.00 WIB, dan akhir pekan (weekends) pukul 06.00 WIB-21.00 WIB.

Adapun jadwal pertunjukan air mancur di Lapangan Banteng adalah setiap hari Sabtu dan Minggu. Terbagi dalam dua sesi yaitu pukul 18.30 WIB dan pukul 19.30 WIB. 

Baca juga:

Cara menuju Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng strategis karena tidak jauh dari beberapa pemberhentian transportasi umum. Seperti Halte TransJakarta Juanda, Halte Lapangan Banteng, Stasiun KRL Juanda, dan MRT Bundaran HI.

Lapangan Banteng dilewati bus Transjakarta koridor 6H (Lebak Bulus-Senen). Kamu bisa turun di Halte Lapangan Banteng, lalu tinggal menyeberang sekitar 200 meter.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com