Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Museum TekstiL Naik KRL dan TransJakarta

Kompas.com - 01/10/2023, 18:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses menulis batik menggunakan canting dan lilin malam perlu ketelitian dan kesabaran. Jika tidak, batik yang dihasilkan akan terlihat tidak rapi, atau justru si pembatik akan terkena panasnya lelehan lilin malam.

Kamu bisa mencoba membuat motif batik tulis di pendopo batik Museum Tekstil. Lokasinya ada di belakang gedung Museum Tekstil, tepatnya di Jalan K.S. Tubun Nomor 2-4, RT4/RW2, Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Baca juga: Museum Tekstil Jakarta : Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

"Pemula yang baru pertama kali mencoba membuat batik tulis, harus mendengarkan dengan baik arahan instruktur," kata petugas di pendopo batik Museum Tekstil, Yeni, kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (1/10/2023).

Tarif membatik di pendopo batik Museum Tekstil ini dibanderol mulai dari Rp 50.000 untuk ukuran kain 50X50 sentimeter, dan mulai dari Rp 200.000 untuk ukuran kain satu meter.

Jika hendak berkunjung ke Museum Tekstil, wisatawan bisa menumpangi KRL Commuter Line dan TransJakarta.

Cara ke Museum Tekstil naik KRL

Stasiun KRL terdekat dari Museum Tekstil yaitu Stasiun Tanah Abang. Jarak kedua lokasi ini sekitar 550 meter dan dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar delapan menit.

Bila wisatawan datang dari arah Cikarang, bisa naik KRL langsung menuju Stasiun Tanah Abang. Sementara yang naik KRL dari arah Tangerang Selatan dan Rangkasbitung bisa menumpangi kereta tujuan Stasiun Tanah Abang.

Baca juga: Cirebon Kini Punya 20 Warisan Budaya Takbenda

Bila naik KRL dari arah Depok dan Bogor, bisa naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota. Setelah itu pindah kereta di Stasiun Manggarai.

Arah menuju Museum Tekstil dari Stasiun Tanah Abang, Minggu (1/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Arah menuju Museum Tekstil dari Stasiun Tanah Abang, Minggu (1/10/2023).

Begitu juga sebaliknya, bila naik KRL dari Jakarta Kota, bisa naik KRL tujuan Bogor dan pindah kereta di stasiun transit Manggarai.

Wisatawan yang transit di Stasiun Manggarai bisa melanjutkan perjalanan naik kereta di peron 6 atau 7 menuju Stasiun Tanah Abang.

Setibanya di Stasiun Tanah Abang, ambil jalan keluar menuju Jalan K.S. Tubun, yakni searah dengan lapak pedagang di jembatan layang Pasar Tanah Abang.

Baca juga:

Lokasi Museum tekstil dapat ditemui setelah melewati jembatan di atas aliran sungai dekat Stasiun Tanah Abang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com