Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Mal di Bangkok Dinilai Pengaruhi Pariwisata Thailand

Kompas.com - 04/10/2023, 22:16 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pada Selasa (3/10/2023) sore lalu terjadi penembakan di mal Siam Paragon di Kota Bangkok, Thailand. Kurang dari sejam usai penembakan, sang pelaku yang masih remaja pun diamankan pihak berwajib.

Dalam peristiwa tersebut tercatat ada dua korban tewas dan lima korban luka-luka. Salah satu korban yang meninggal adalah wisatawan asing asal China berusia 34 tahun.

Baca juga:

Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin, mengucapkan belasungkawa kepada para keluarga korban. 

"Saya percaya Siam Paragon dan pejabat pemerintah telah melakukan yang terbaik untuk meminimalisasi kerusakan. Biarlah ini menjadi satu-satunya kejadian seperti ini. Pemerintah saya menegaskan bahwa kami akan mengutamakan tindakan pencegahan," ujar Thavisin, dilansir dari AFP, Rabu (4/10/2023).

Dinilai akan pengaruhi pariwisata Thailand

Salah satu sudut pecinan di Thailand.Dok. Unsplash/Geoff Greenwood Salah satu sudut pecinan di Thailand.

Thailand termasuk negara yang sektor pariwisatanya terdampak pandemi Covid-19, apalagi perbatasan ke negara ini juga sempat ditutup dan baru dibuka kembali sejak tahun 2022.

Wisatawan asing asal China termasuk penting bagi sektor pariwisata Thailand. Sebelum pandemi melanda, sekitar 10 juta wisatawan China melancong ke Thailand setiap tahunnya.

Tidak hanya itu, sekitar 25 juta wisatawan diprediksi akan mengunjungi Thailand tahun 2023, dengan 4,4 juta dari angka tersebut merupakan wisatawan China, dikutip dari Asia Nikkei. 

Baca juga: Turis China Disebut Takut ke Thailand Akibat Film dan Rumor di Internet

Akan tetapi, walau Negeri Tirai Bambu telah melonggarkan syarat perjalanan, jumlah kunjungan wisatawan China ke Thailand tidak kembali secepat yang diharapkan.

Pemerintah Thailand pun telah melakukan berbagai upaya untuk menggaet wisatawan China, salah satunya dengan skema bebas visa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com