Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Boleh Titip Koper di Hotel Sebelum Check In dan Setelah Check Out?

Kompas.com - 05/10/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tamu hotel tentunya membawa barang bawaan saat hendak menginap, pada umumnya berupa koper. Tidak jarang, sebelum check in dan setelah check out, tamu hotel memiliki sejumlah agenda yang tidak memungkinkannya membawa koper tersebut.

Lantas, apakah boleh titip koper di hotel sebelum check in dan setelah check out? Ternyata, mayoritas hotel memperbolehkan tamu menitipkan barang, termasuk koper sebelum check in dan setelah check out, dengan sejumlah ketentuan.

Baca juga:

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan ada hotel yang tidak melayani penitipan barang tamu sebelum check in dan setelah check out.

Aturan titip koper di hotel

ILUSTRASI - Antre di lobi hotel untuk check-inShutterstock ILUSTRASI - Antre di lobi hotel untuk check-in

Setiap hotel memiliki ketentuan masing-masing mengenai penitipan barang, termasuk koper. Harper Malioboro misalnya, mempersilahkan tamu menitipkan barang bawaannya di resepsionis sebelum check in dan setelah check out.

Marketing Communication Manager Harper Malioboro, Dicky Pratama menuturkan, nantinya setiap tamu akan diberikan luggage tag atau kartu informasi barang. Luggage tag tersebut berisi informasi mengenai jenis barang, jumlah, nama tamu, nomor kamar, penerima barang, dan catatan tambahan.

Luggage tag tersebut akan ditempel di barang titipan satu lembar, dan dibawa oleh tamu satu lembar,” terangnya kepada Kompas.com, Kamis (5/10/2023).

Setiap tamu yang akan mengambil barang bawaannya, lanjut Dicky, wajib menunjukkan luggage tag tersebut kepada resepsionis.

Selain itu, Harper Malioboro tidak membatasi jumlah maupun durasi penitipan barang tamu. Dicky menjelaskan, Harper Malioboro memiliki dua ruangan khusus barang titipan tamu yang mampu menampung barang titipan tamu.

“Kedua area tersebut bisa menampung barang tamu, baik kecil maupun besar,” imbuhnya.

Baca juga:

Hanya saja, petugas resepsionis akan bertanya jika terdapat barang titipan berupa makanan, makanan bayi, atau ASI yang membutuhkan penyimpnan di dalam lemari es. Biasanya, informasi tersebut akan dituliskan pada catatan tambahan di luggage tag.

“Biasanya, pada saat tamu menitipkan barang, petugas kami akan selalu bertanya durasi penyimpanan, perlu ada perlakukan khusus atau tidak, harus masuk freezer atau tidak, ini makanan atau minuman berupa apa,”jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com