Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Kunjungan ke Angkor Wat, Kamboja Resmi Operasikan Bandara Baru

Kompas.com - 17/10/2023, 18:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber AP News

KOMPAS.com - Siem Reap-Angkor International Airport atau Bandara Internasional Siem Reap-Angkor resmi beroperasi Senin (16/10/2023) sebagai bandara terbaru dan terbesar di Kamboja.

Bandara ini khusus dioperasikan sebagai pintu gerbang turis ke obyek wisata Angkor Wat yang terletak di provinsi Siam Reap.

Dikutip dari AP, bandara ini Bandara Internasional Siem Reap-Angkor dioperasikan untuk meningkatkan kunjungan ke destinasi yang berusia lebih dari sembilan abad itu.

Baca juga: Menjelajahi Siem Reap demi Keindahan Sunrise Angkor Wat

Adapun kunjungan pariwisata dianggap sebagai salah satu pilar utama pendukung perekonomian negara. 

Sebelum pandemi, atau 2019, Kamboja mencatat sekitar 6,6 juta turis asing. Sementara pada delapan bulan pertama 2023, angkanya baru mencapai sekitar 3,5 juta turis.

Pembangunan bandara dimulai pada 2020 untuk menggantikan bandara lama yang berlokasi sekitar 5 kilometer dari lokasi kuil.

Sebelumnya operasional bandara tersebut dihentikan karena kekhawatiran getaran yang ditimbulkan oleh aktivitas penerbangan secara rutin dapat merusak kuil.

Baca juga: Ta Prohm, Komplek Candi yang Tak Kalah Ajaib dari Angkor Wat...

Bandara Internasional Siem Reap-Angkor berdiri di atas lahan seluas 700 hektar dan menelan biaya pembangunan sekitar 1,2 miliar dollar AS.

Pembagunannya berada di bawah program build-operate-transfer (BOT) selama 55 tahun antara Kamboja dan China.

Kini, bandara tersebut dapat menampung sekitar 7 juta penumpang per tahun dan direncanakan akan meningkatkan kapasitas menjadi 12 juta penumpang per tahun pada 2040.

Penerbangan Bangkok Airways dari Thailand adalah yang pertama kali mendara, dengan 16 penerbangan tambahan yang dijadwalkan pada hari pertama operasional.

Upacara yang menandai operasional pertama bandara dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Vongsey Vissoth, sementara bandara ini baru ini akan diresmikan pada 16 November oleh Perdana Menteri Hun Manet dan para pejabat tinggi China.

Baca juga: Gajah Mati usai Angkut Turis, Tahun 2020 Angkor Wat Larang Wisata Tunggang Gajah

Selain Bandara Internasional Siem Reap-Angkor, bandara lain yang didanai oleh China, yakni Bandara Internasional Pnomh Penh (secara resmi dikenal sebagai Bandara Internasional Techo) yang berlokasi di ibu kota Pnomh Penh juga sedang dibangun dan dijadwalkan rampung pada 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com