Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertunjukan Wayang Orang di Semarang Juga Digemari Penonton Muda

Kompas.com - 22/10/2023, 16:47 WIB
Sabrina Mutiara Fitri,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Ratusan masyarakat tampak berbondong-bondong memadati kompleks Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), tepatnya di Jalan Sriwijaya, Tegalsari, Kota Semarang, Sabtu (21/10/2023) malam.

Riuh suara gamelan dan gending Jawa menggema di gedung baru Ki Narto Sabdo. Tak hanya itu, disusul pula gelak tawa dan tepuk tangan yang meriah dari penonton.

Pasalnya, sejak tanggal 18 hingga 21 Oktober 2023, kawasan TBRS itu dipadati dengan sejumlah penampilan wayang orang dari berbagai daerah.

Baca juga: Menjaga Wayang Orang Tetap Lestari di Kalangan Generasi Muda

Di antaranya, Wayang Orang Barata Jakarta, Wayang Orang Sriwedari Surakarta, Wayang Orang Kabupaten Malang, Wayang Orang Sanggar Paripurna Gianyar Bali, dan Wayang Orang Ngesti Pandowo Semarang.

Tidak hanya itu, sejumlah seni kebudayaan lain seperti Wayang Potehi, Wayang Cenggik, Wayang Kulit Padat, Wayang Golek, Reog, dan masih banyak lainnya juga ditampilkan di panggung luar kawasan TBRS.

Uniknya, pada penutupan Festival Wayang Orang Nasional 2023 ini dapat mengundang sekitar 1.800 orang.

Salah satu penonton, Muhammad Ibnu, merasa takjub dan senang bisa melihat pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandowo pada Sabtu malam.

Baca juga: Sejarah Wayang Beber, Cerita Bergambar dari Zaman Kuno di Indonesia

Siswa kelas 5 SD itu menyebut, pertunjukan tersebut menjadi penutup yang bagus dalam rangkaian Festival Wayang Orang Nasional 2023.

"Senang sekali bisa nonton, karena keren penampilannya, asyik. Bisa bikin ketawa," ucap Ibnu saat ditemui Kompas.com, Sabtu malam.

Dirinya menyebut, menyukai pertunjukan wayang orang sejak duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) karena diajak oleh gurunya menyaksikan pertunjukan wayang orang.

Tak heran, jika dia mengembangkan hobinya dengan menonton pertunjukan wayang orang empat hari berturut-turut di Festival Wayang Orang Nasional 2023 ini.

Sementara itu, orang tua Ibnu, Bety, mengaku dirinya sangat mendukung hobi anaknya itu dan menganggap aktivitas menonton pertunjukan wayang orang juga bisa memberi pelajaran yang baik pada anak-anak.

"Saya kesini karena nurutin anak saya. Ya biar sambil belajar, soalnya sangat menghibur," ungkap Bety.

Baca juga: Cara Nonton Pertunjukan Wayang di TMII, Bisa Tinggal Daftar

Salah satu pemain Wayang Orang Ngesti Pandowo, Ella Ratna Novita, mengaku sangat bahagia bisa tampil dalam Festival Wayang Orang Nasional 2023.

Ella, sapaan akrabnya, merasa pertunjukan kali ini merupakan salah satu pertunjukan dengan penonton terbanyak selama ia menjadi pemain Wayang Orang Ngesti Pandowo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com