Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata di Swiss yang Paling Terkenal 

Kompas.com - 28/10/2023, 23:44 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Swiss merupakan salah satu negara terindah di dunia yang menjadi impian para wisatawan. Negara yang berada di Eropa Tengah ini memiliki panorama alam yang indah bak negeri dongeng serta bangunan bersejarah.

Hampir semua sudut di Swiss memiliki daya tarik yang menakjubkan. Mulai dari gletser, pegunungan, sungai, dan bangunan bersejarah yang megah.

Baca juga:

Namun demikian, ada beberapa tempat wisata di Swiss yang paling terkenal. Banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi tempat wisata di Swiss yang paling terkenal tersebut.

Kompas.com merangkum tempat wisata di Swiss yang paling terkenal melansir dari Switzerland Tourism.

1. Air terjun Rhein

Air terjun Rhein di SwissDok. https://www.myswitzerland.com/ Air terjun Rhein di Swiss

Air terjun Rhein merupakan air terjun terbesar di Eropa, yang berada di perbatasan antara Schaffhausen dan Zurich. Di tengah air terjun selebar 150 meter persegi itu, terdapat sebuah batu besar dan bangunan kastil, yakni Kastil Worth dan Kastil Laufen.

Wisatawan dapat mencapai lokasi batuan besar maupun kastil tersebut dengan menaiki perahu wisata. Air terjun setinggi 23 meter ini, menawarkan pemandangan air yang jernih serta suara gemuruh dari aliran air.

Keberadaan pepohonan hijau dan tebing batu di tepian air terjun, menambah pesona air terjun Rhein. 

2. Creux du Van

Creux du Van di SwissDok. https://www.myswitzerland.com/ Creux du Van di Swiss

Creux du Van merupakan kawasan batu alami yang memiliki bentuk unik menyerupai amfiteater. Kawasan batu alami setinggi 160 meter ini berada di perbatasan Neuenburg dan Vaud.

Keindahan Creux du Van tercipta secara alami dari air dan es yang mengikis bebatuan selama berabad-abad yang lalu. 

Obyek wisata alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang mencintai petualangan. Pengunjung dapat mendaki di kawasan cagar alam ini sembari menikmati flora dan fauna, serta mencicipi kuliner khas di kawasan tersebut.

3. Matterhorn

Ilustrasi Swiss - Pemandangan Gunung Matterhorn di Zermatt, Swiss (SHUTTERSTOCK/Pritesh R Patel).SHUTTERSTOCK/Pritesh R Patel Ilustrasi Swiss - Pemandangan Gunung Matterhorn di Zermatt, Swiss (SHUTTERSTOCK/Pritesh R Patel).

Matterhorn merupakan salah satu ikon Swiss yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Gunung yang memiliki puncak berbentuk piramida ini, berada di perbatasan antara Swiss dan Italia.

Daya tarik Matterhorn adalah puncaknya yang berbentuk piramida dan berselimut salju. Namun, puncak Matterhorn tersebut sangat sulit didaki bahka pendakian pertamanya pada 1865 memakan empat korban jiwa.

Beberapa titik terbaik untuk menikmati panorama Gunung Matterhorn, yakni Gornergrat, Zermatt yang berada pada ketinggian 3.089 mdpl. Wisatawan juga bisa menikmati puncak Matterhorn dari Klein Matterhorn, dengan menaiki kereta gantung udara pada ketinggia 3.820 mdpl, dari Zermatt.

Baca juga:

4. Jungfraujoch

Jungfraubahn di Jungfraujoch, Swiss.UNSPLASH/PATRICK ROBERT DOYLE Jungfraubahn di Jungfraujoch, Swiss.

Tempat wisata terkenal di Swiss selanjutnya adalah Jungfraujoch yang menawarkan pemandangan pegunungan Alpen. Berada di ketinggian 3.454 mdpl, lokasi ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas outdoor musim dingin, seperti hiking, ski, dan bermain salju.

Terdapat sejumlah penginapan dan resort yang menawarkan beragam fasilitas di Jungfraujoch.

Melansir dari Kompas.com (21/11/2020), tersedia transportasi berupa gondola dan kereta untuk menuju Jungfraujoch. Perjalanan naik kereta dapat dimulai dari Stasiun Interlaken Ost di Kota Interlaken, kemudian melintasi Stasiun Zweilutschinen sebelum tiba di Desa Grindelwald.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan naik gondala Eiger Express dari Grindelwald Terminal menuju Stasiun Eigergletscher hanya dalam 15 menit. Setibanya di stasiun tersebut, wisatawan akan dibawa menuju puncak Jungfraujoch menggunakan sebuah kereta yang mampu melintasi jalur menanjak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com