Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Sironjong Kecil di Pesisir Selatan Sumbar, Surga Lompat Tebing

Kompas.com - 04/12/2023, 16:04 WIB
Perdana Putra,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pulau Sironjong Kecil yang berada di kawasan wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat dikenal sebagai obyek wisata unggulan.

Dari Bandara Internasional Minangkabau di Padang, kita perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan ke Pelabuhan Ikan Carocok Tarusan.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati aktivitas lompat tebing ke laut, di sini sudah tersedia spot lompat tebing alias cliff jumping.

Wisatawan yang ingin mencoba memanjat di tebing karang, sudah tersedia tali tambang yang terikat kuat ke pulau tersebut.

Baca juga: 7 Fakta Lembah Harau Sumatera Barat, Ada Batuan Berusia 40 Juta Tahun 

Di lokasi, terdapat dua lokasi lompat, yakni dengan ketinggian 5 dan 15 meter dari permukaan laut (mdpl).

Jika pandai berenang dan yakin memiliki nyali yang kuat dapat memilih yang tinggi.

Ketika melompat, kita akan merasakan sensasi menembus bak peluru ke dalam lautnya yang cukup dalam dan tidak ada terumbu karang, sehingga cukup aman bagi penyuka cliff jumping.

Di sana, kita akan menemukan sejumlah pemandu wisata yang menawarkan paket-paket wisata.

Pilihannya beragam, termasuk paket one day trip laut dan paket menginap di salah satu pulau di kawasan wisata bahari Mandeh.

Lokasi tempat bersarang elang laut

Pulau Sironjong Kecil memiliki luas 3 hektar, berdiri berdampingan dengan pulau Sironjong Gadang yang luasnya 25 hektar.

Bentuk pulau mungil tersebut sekilas mirip sebuah kapal.

Baca juga: 4 Tips ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sumatera Barat

Untuk menambah daya tarik, Pemkab Pesisir Selatan membangun tangga dengan ketinggian sekitar 15 meter di tebing karang yang mengelilingi pulau.

Kapal motor bermuatan wisatawan berlabuh di sekitar Pulau Sironjong di Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (26/3/2016). Selain jalur darat, Mandeh juga bisa ditempuh dengan Kapal Wisata Bintang Mandeh. Kapal tersebut, menurut rencana, akan mulai melayani wisatawan pada minggu kedua April dengan harga tiket Rp 350.000 per orang untuk paket satu hari perjalanan.KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA Kapal motor bermuatan wisatawan berlabuh di sekitar Pulau Sironjong di Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (26/3/2016). Selain jalur darat, Mandeh juga bisa ditempuh dengan Kapal Wisata Bintang Mandeh. Kapal tersebut, menurut rencana, akan mulai melayani wisatawan pada minggu kedua April dengan harga tiket Rp 350.000 per orang untuk paket satu hari perjalanan.

Di Sironjong Kecil, pengunjung juga bisa melihat elang laut berlalu-lalang.

"Burung ini menjadikan dinding terjal batu karang di lokasi sebagai sarang. Fenomena ini kian menambah eksotisme pulau bagi wisatawan," ucap Pj Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Ressy Amra Reyes, Sabtu (2/12/2023).

Baca juga: Swarnabhumi Harau, Wisata Baru Berlatar Sawah dan Tebing di Sumatera Barat

Selain itu, di antara Pulau Sironjong Kecil dan Sironjong Gadang, pengunjung bisa menikmati karang-karang indah yang berdiri di tengah laut.

Masyarakat menyebutnya dengan Batu Rakik-rakik.

"Lokasi itu, biasanya tempat bermain burung camar laut. Biasanya terlihat menjelang senja," ujar Reyes.

@kompastravel Kurang lebih seperti itu ya guys gambaran pengeluaran untuk ke Banda Neira.. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah hari dan lain-lain. Kalau mau beli oleh-oleh, harganya bervariasi sesuai produk yak. Gambarannya, gelang kain di Rp. 35.000, gantungan kunci di Rp. 20.000, tenun khas ambon ukuran kecil Rp 85.000 Jadi, kapan nih kamu betolak ke Banda Neira? #bandaneira #bandaneiramaluku #wisatamaluku #travelbudget ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusicLom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com