Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata di Tasikmalaya untuk Libur Akhir Tahun 2023

Kompas.com - 12/12/2023, 05:13 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, memiliki beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi saat periode libur akhir tahun.

Beragam tempat wisata bisa ditemukan di kedua wilayah tersebut, mulai dari wisata buatan hingga wisata alam, sehingga pas bila dikunjungi baik oleh solo traveler maupun wisatawan keluarga dengan anak-anak. 

Baca juga:

Berikut rekomendasi tempat liburan di Tasikmalaya yang bisa dikunjungi:

Rekomendasi tempat wisata di Tasikmalaya raya

1. Desa Wisata Taraju

Menparekraf Sandiaga Uno menjajal memetik daun teh bersama warga yang merupakan salah satu daya tarik wisata di Desa Wisata Taraju, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menparekraf Sandiaga Uno menjajal memetik daun teh bersama warga yang merupakan salah satu daya tarik wisata di Desa Wisata Taraju, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023).

Desa Wisata Taraju dinobatkan sebagai juara pertama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk kategori Digital dan Kreatif. 

Berlokasi di Kabupaten Tasikmalaya, desa wisata ini menawarkan beragam aktivitas alam, antara lain memetik dan mengolah daun teh, memetik dan mengolah tanaman kopi, river tubing, serta berkemah.

Baca juga: 6 Pesona Desa Wisata Taraju di Tasikmalaya, Punya Kebun Teh dan Kopi

2. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan Kabupaten Tasikmalaya DOK. Shutterstock/jimmie syapawiShutterstock/jimmie syapawi Pantai Karang Tawulan Kabupaten Tasikmalaya DOK. Shutterstock/jimmie syapawi

Karang Tawulan termasuk salah satu wisata pantai di Kabupaten Tasikmalaya. Salah satu daya tarik pantai yang buka 24 jam ini adalah panorama tebing yang menjorok ke laut.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (10/8/2022), di pantai ini terdapat pulau kecil bernama Pulau Nusa Manuk yang menjadi titik berkumpul burung camar pada sore hari.

Baca juga: Wisata Perahu di Situ Gede Tasikmalaya, Tarif Rp 10.000 Saja

3. Karaha Bodas

Kawah Karaha Bodas di Tasikmalaya, Jawa Barat www.perhutani.co.id Kawah Karaha Bodas di Tasikmalaya, Jawa Barat

Kawah Karaha Bodas di Kabupaten Tasikmalaya menyuguhkan panorama hamparan pasir dengan bebatuan putih nan luas, berpadu dengan pepohonan di sekitarnya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (22/9/2023).

Di area ini, wisatawan bisa berfoto, menikmati pemandangan, dan berkemah. 

Baca juga: Kompleks Taman Dadaha di Tasikmalaya Akan Direvitalisasi Jadi Wisata Baru

4. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng di Tasikmalaya DOK. Shutterstock/EDDY HShutterstock/EDDY H Curug Dengdeng di Tasikmalaya DOK. Shutterstock/EDDY H

Saat mengunjungi Curug Dengdeng di Kabupaten Tasikmalaya, wisatawan bisa menikmati panorama air terjun tiga tingkat, dengan masing-masing berketinggian 13 meter, 11 meter, dan sembilan meter. 

Panorama air terjun tersebut pun semakin ciamik dengan hamparan sawah dan pepohonan di sekitarnya.

Baca juga: 6 Wisata Kabupaten Tasikmalaya, Ngarai sampai Pantai

5. Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik Tasikmalayainstagram.com/karangresik_tamanwisata Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya

Taman Wisata Karang Resik bisa jadi salah satu tempat melepas penat di Kota Tasikmalaya. Terdapat beragam daya tarik di tempat wisata ini, di antaranya spot Instagramable, flying fox, dan taman bunga.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (18/12/2017), area taman ini juga menjadi saksi bisu peristiwa sejarah sewaktu Agresi Militer Belanda pertama tahun 1974. Pada waktu itu, tentara Belanda yang datang dari arah timur di Jembatan Karang Resik dihadang oleh pejuang Tanah Air.

Baca juga: 5 Wisata di Tasikmalaya yang Pas untuk Anak-anak

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com