Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

800.000 Wisatawan Liburan ke Labuan Bajo Sepanjang 2023

Kompas.com - 13/12/2023, 21:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 800.074 wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga 11 Desember 2023.

Menurut Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), angka itu naik 30 persen dari tahun lalu yang hanya berkisar 600.000 wisatawan, baik mancanegara maupun domestik.

"Jika dibandingkan dengan tahun 2022 maka tahun ini jumlahnya meningkat sekitar 30-an persen" kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina saat dihubungi di Kupang, Selasa (12/12/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 5 Fakta Labuan Bajo di NTT, dari Lokasi hingga Oleh-oleh

Kenaikan angka kunjungant tersebut dipandang sebagai capaian positif yang membuktikan bahwa perekonomian Labuan Bajo sudah membaik pascapandemi Covid-19.

Diharapkan angkanya masih akan bertambah selama periode libur Natal dan tahun baru 2024.

Sementara dari angka pergerakan penumpang di Bandara Komodo, tahun lalu hanya mencapai 301.669 orang penumpang, sementara tahun ini mencapai 408.151 orang.

Adapun tahun depan, kata Shana, target yang disusun pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mencapai 1 juta wisatawan.

Berbagai upaya dilakukan untuk terus meningkatkan angka kunjungan wisatawan, termasuk menggelar sejumlah kegiatan dan meningkatkan jumlah akomodasi.

"BPOLBF bersama pemerintah setempat juga terus berusaha membangun Labuan Bajo baik itu SDM dan daerah setempat dengan tujuan agar kunjungan wisatawan terus meningkat," ucap Shana.

Baca juga: 9 Wisata Pantai Labuan Bajo NTT, Ada Waecicu dan Long Beach

Shana mencontohkan, jika pada 2017, daya tarik wisata hanya mencapai angka enam saja, tetapi pada 2022 angkanya naik menjadi 36 daya tarik wisata.

Selain itu, dalam hal aksesibilitas, pada 2017 tercatat hanya ada 1.430 jumlah kursi penerbangan, pada 2022 naik 28 persen atau sebesar 1.828 jumlah kursi penerbangan per hari.

Ia menilai, Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas (3A) di Labuan Bajo yang beberapa tahun ke belakang belum terlalu berkembang, kini sudah semakin baik.

@kompastravel Ada rencana untuk berlibur ke Pulau Merak Kecil? Kalau ada, save informasi rekomendasi spot foto ini ya! Nah, sedikit tips nih, untuk datang di weekdays yaa guys. Biar ga terlalu ramaii.. #pulaumerakkecil #merakbanten #bantenhits #explorebanten #wisatabanten ? cruel summer sped up - bia (taylor’s version)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com