Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Titik di Gunungkidul Diprediksi Padat Saat Liburan, Catat Rekayasa Lalin Ini

Kompas.com - 15/12/2023, 14:09 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah jalur alternatif sisiapkan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengantisipasi kepadatan di jalur utama selama libur Natal dan tahun baru 2024.

"Kami sudah siapkan rekayasa arus lalu lintas, sifatnya situasional," kata Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul Bayu Susilo Aji dalam keterangan resmi, Jumat (15/12/2023).

Baca juga: 5 Wisata Dekat Taman Bunga Amarilis Gunungkidul, Banyak Spot Sunrise

Ia menyebutkan, ada lima titik yang berpotensi mengalami kepadatan saat periode liburan. Berikut rinciannya:

  • Simpang empat Patuk atau ke arah selatan menuju destinasi wisata HeHa

Pada titik ini nantinya akan dipasang pembatas, sehingga arah Yogyakarta menuju HeHa akan diputarkan dulu ke Kali Pentung baru ke kiri. Sedangkan untuk wisatawan yang keluar dari Heha diarahkan ke kiri untuk menuju Yogyakarta.

Di jalur utama Jogja-Wonosari, kendaraan kecil diimbau bisa menggunakan jalur alternatif melalui Sambi-Tawang-Sorogedug/Klaten, atau Playen-Getas-Mangunan-Imogiri.

  • Bus wisata dari Klaten dan Solo

Bus wisata yang melaju dari dua daerah ini maupun sekitarnya akan diarahkan masuk melalui Jalan Baron. Dari arah Wonogiri, Pacitan bisa mengakses Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Sementara bus pariwisata dari arah Yogyakarta bisa melalui simpang tiga Gading kanan Playen, Paliyan, dan lanjut ke arah JJLS.

Baca juga: 10 Desa Wisata di Gunungkidul, Ada Lokasi Geopark yang Diakui UNESCO

  • Bus wisata menuju pantai

Bus menuju pantai bisa menggunakan jalur utama jalan Baron atau pintu masuk Baron ke timur, lalu keluar di JJLS baik ke timur dan barat atau Tepus-Mulo.

  • Kendaraan besar dilarang melalui pintu utama

Kendaraan besar seperti bus dan truk tidak diperbolehkan keluar melalui pintu utama utara, melainkan diharuskan lewat timur arah tepus atau ke barat arah JJLS Saptosari.

  • Wisatawan dari arah pantai

Wisatawan yang mengarah dari pantai dapat menggunakan JJLS arah Saptosari. Bus besar akan diarahkan ke kanan untuk melalui rute Paliyan-Playen-Yogyakarta.

Sementara jika menggunakan kendaraan kecil bisa melalui Saptosari-Panggang-Bantul-Yogyakarta.

"Jika kondisi lancar tidak akan ada rekayasa lalu lintas," kata Bayu.

Baca juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

Kepala Dishub Kabupaten Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah fasilitas untuk menyambut wisatawan saat libur Natal dan tahun baru, termasuk perbaikan beberapa fasilitas jalan seperti penerangan umum.

Sementara posko pemantauan lalu lintas akan ada di tiga titik, yakni Patuk, Bundaran Tugu Tobong Siyono, dan Pos Pantai Baron.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com