Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulawesi Tenggara Jadi Juara Umum Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2023

Kompas.com - 16/12/2023, 13:53 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Tenggara dinobatkan sebagai juara umum pada Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI), yang diadakan di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023) malam.

“Akhirnya kita berhasil meraih tiga piala, yang mengantar Provinsi Sultra menjadi juara umum,” kata Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dikutip dari Tribun Sultra, Jumat. 

Baca juga: 5 Pesona Air Terjun Moramo di Sulawesi Tenggara

Dalam penganugerahan tersebut, Andap diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara, Belli Harli Tombili.

Adapun Sulawesi Tenggara menjadi pemenang pertama Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Selain itu, Sulawesi Tenggara juga meraih juara pertama Provinsi Terbaik Dalam Implementasi Strategi Kebijakan Pemda (Pemerintah Daerah) dan Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Nasional.

Andap pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) terkait atas dukungan dalam pengembangan destinasi wisata di Sulawesi Tenggara.

“Terima kasih atas dukungan rekan-rekan semua. Jangan pernah lelah untuk berbuat yang terbaik bagi negeri tercinta,” tutur Andap.

Baca juga:

Sekilas tentang ABBWI 2023

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa memberikan sambutan saat Malam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (15/12/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa memberikan sambutan saat Malam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Sebagai informasi, Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) merupakan ajang pemberian apresiasi kepada pemerintah daerah atas upaya mendorong aktivitas perjalanan wisatawan Nusantara.

Agenda ini digelar oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bank Indonesia (BI) serta Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). 

ABBWI 2023 menganugerahkan sejumlah penghargaan dalam total enam kategori yaitu Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan, Provinsi dengan Destinasi Pariwisata Berkualitas Terbaik.

Lalu Provinsi dengan Implementasi Strategi Kebijakan Pemda Terbaik, Kabupaten/Kota Terbaik BBWI, Industri Pendukung BBWI Terbaik, serta Juara Umum Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Nasional.

Baca juga: Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia Digelar, Dorong Sektor Pariwisata

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com