Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nasional Baluran di Situbondo Tutup Sementara Akibat Cuaca Buruk

Kompas.com - 16/03/2024, 18:16 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Taman Nasional (TN) Baluran di Situbondo, Jawa Timur, ditutup sementara dari Sabtu (16/3/2024) sampai Senin (20/3/2024) akibat hujan lebat dan angin kencang.

Humas Balai TN Baluran Situbondo, Joko Mulyono menyampaikan, penutupan tersebut dilakukan guna mengurangi risiko bencana lantaran sejumlah pohon tumbang di sepanjang jalur wisata. 

Baca juga: 2 Tips ke TN Baluran Saat Musim Hujan, Saran dari Pengelola

"Mulai dari jalur Batangan, Bekol, sampai dengan Pantai Bama berpotensi pohon tumbang ketika hujan lebat disertai angin kencang. Beberapa hari lalu ada beberapa pohon tumbang, alhamdulillah tidak menimpa wisatawan," jelas Joko, dilansir dari Antara, Sabtu (16/3/2024).

Maka dari itu, penutupan sementara kunjungan wisata alam menjadi upaya mitigasi bencana, sesuai dengan peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca juga:

Pantai Bama di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pantai Bama di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur.

Adapun cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang diperkirakan akan terjadi sampai Senin (18/3/2024).

Melalui penutupan sementara ini, ucap Joko, petugas TN Baluran akan fokus membersihkan ranting pohon di sepanjang jalur wisata.

"Sebelumnya kan musim kemarau, dan ketika tiba-tiba hujan lebat tanah jadi gembur, ditambah tiupan angin kencang sehingga pohon mudah tumbang," katanya.

Baca juga: 4 Fakta Taman Nasional Baluran, Pesona Afrika di Ujung Jawa

Meskipun TN Baluran direncanakan akan dibuka kembali pada Senin (18/3/2024), hal tersebut masih bergandung dengan kondisi cuaca. 

"Jika memang cuaca sudah membaik pada 18 Maret 2024, tentunya akan kembali dibuka, dan sebaliknya kalau cuaca kurang mendukung akan dipertimbangkan kembali," ujarnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com