BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Bango

Gecok, Hidangan Kambing yang Terinspirasi dari Jamu

Kompas.com - 31/08/2017, 07:06 WIB
Gecok, olahan kambing khas Tuntang yang terinspirasi dari jamu. Dok. Kecap BangoGecok, olahan kambing khas Tuntang yang terinspirasi dari jamu.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Gecok, mungkin banyak orang yang baru pertama kali mendengar kata tersebut. Tidak mengherankan, sebab gecok memang tak sepopuler hidangan olahan kambing lainnya.

Gecok sejatinya adalah hidangan olahan kambing khas Tuntang, Jawa Tengah. Uniknya, gecok dibuat karena terinspirasi oleh minuman jamu yang diracik dengan 25 bahan rempah dan bumbu.

"Zaman dulu gecok ini adalah jamu. Mungkin karena eksperimen jadi gecok. Makan gecok ini badan jadi berkeringat dan segar," kata Indra, generasi ketiga dari pemilik Gecok Kambing Mantep Roso yang ditemui KompasTravel pada acara jumpa pers Kecap Bango, Berkah Lezat Bango di Menteng, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

BACA: Mencicipi Lima Olahan Kambing yang Tersohor di Berbagai Daerah Indonesia

Saking kompleks bumbu dan rempah gecok, Indra mengatakan beberapa rempah untuk gecok justru dapat dibeli di tempat khusus jamu.

Pengamat kuliner dan penggiat komunitas Pelestarian Kuliner Nusantara, Arie Parikesit, saat ditemui di acara yang sama mengatakan faktor geografis Tuntang membuat gecok menjadi favorit.

"Beda dengan Semarang yang pesisir, Tuntang ini dekat Salatiga, yang lebih ke gunung. Cuaca sejuk jadi cocok makan gecok yang hangat," kata Arie.

Indra, generasi ketiga dari rumah makan Gecok Mantep Roso dari Semarang sedang menyajikan gecok kepada pengunjung acara jumpa pers Kecap Bango, Kamis (14/8/2017)KOMPAS.com/ Silvita Agmasari Indra, generasi ketiga dari rumah makan Gecok Mantep Roso dari Semarang sedang menyajikan gecok kepada pengunjung acara jumpa pers Kecap Bango, Kamis (14/8/2017)

Kata 'gecok' diyakini Indra memiliki singkatan geget dan cokot, yang artinya harus digigit saat dimakan. Hal itu merujuk pada isian gecok yang berisi tulang iga, daging, serta jeroan kambing. Dimasak dengan 25 rempah serta bumbu dan blendo alias kelapa sangrai.

BACA: Apa Saja Bagian Kambing yang Enak untuk Diolah?

Rasa gecok agak mirip tengkleng dengan kuah bening bewarna kuning. Tetapi lebih kaya rasa karena penggunaan rempah dan bumbu yang royal.

Menyantap gecok memang cocoknya di udara sejuk, sebab bumbu dan rempah gecok seperti jahe, cabe jaawa, kunyit, adas, kapulaga, mesoyi, kemiri, dan kayu manis memberi efek rasa hangat di tenggorokan dan tubuh.

Jika berkunjung ke Tuntang, Jawa Tengah, tak ada salahnya berburu kuliner gecok. Ada banyak rumah makan yang menawarkan hidangan khas yang lezat ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya