Berapa Biaya Visa Berkunjung ke Korea Selatan? - Kompas.com

Berapa Biaya Visa Berkunjung ke Korea Selatan?

Kompas.com - 11/04/2018, 09:10 WIB
Sebuah sudut di perkampungan tradisional di Bukchon, Seoul, Korea Selatan. Jejeran hanok (rumah tradisional Korea) masih tertata apik dengan suasana yang masih terjaga, seperti layaknya perkampungan yang tak tersentuh modernisasi yang gencar mengepung Seoul.KOMPAS/AGUS HERMAWAN Sebuah sudut di perkampungan tradisional di Bukchon, Seoul, Korea Selatan. Jejeran hanok (rumah tradisional Korea) masih tertata apik dengan suasana yang masih terjaga, seperti layaknya perkampungan yang tak tersentuh modernisasi yang gencar mengepung Seoul.

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Selatan saat ini menjadi salah satu negara yang banyak digemari oleh wisatawan Indonesia. Lewat pantauan KompasTravel di pameran wisata, tiket penerbangan ke Korea Selatan laris manis diburu oleh pengunjung pameran.

Harga tiket penerbangan ke Korea Selatan saat pameran wisata memang relatif terjangkau. Namun harus diingat, selain biaya tiket penerbangan, biaya visa ke Korea Selatan juga harus disiapkan. Pasalnya, Korea Selatan masih memberlakukan biaya visa untuk wisatawan Indonesia. Berapa biayanya?

Baca juga : Korea Selatan Kini Berlakukan Multiple Visa untuk WNI

"Untuk multiple visa dikenakan biaya 90 dollar AS (setara Rp 1,2 juta) per orang, sedangkan single visa dikenakan biaya 40 dollar AS (setara Rp 550.00) per orang," kata konsulat bagian visa di Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Ms. Lee di acara sosialisasi kebijakan visa di Kedubes Korea Selatan, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Multiple visa merupakan visa yang dapat digunakan wisatawan untuk berkunjung berkali kali ke Korea Selatan dalam waktu lima tahun. Dengan durasi sekali berkunjung 30 hari tetapi ada syarat khusus yang berlaku bagi pemohon multiple visa.

Baca juga : Catat, Ini Jadwal Mekarnya Bunga Sakura di Korea Tahun 2018

Sedangkan single visa lebih cocok bagi pemohon visa yang belum pernah berkunjung ke Korea Selatan. Visa tersebut hanya dapat dipakai sekali kunjungan.

Bangunan yang digunakan sebagai bengkel pembuat jaring nelayan yang ada di Jeju Folk Village. Foto diambil 30 Mei 2017.KOMPAS.com/BAYU GALIH Bangunan yang digunakan sebagai bengkel pembuat jaring nelayan yang ada di Jeju Folk Village. Foto diambil 30 Mei 2017.
Untuk masa pembuatan visa, Kedutaan Besar Korea Selatan mengklaim proses multiple visa selesai dalam sehari, sedangkan single visa selesai dalam enam hari kerja.

Untuk pembayaran visa, sejak 9 April 2018, Kedutaan Besar Korea Selatan bekerja sama dengan KEB Hana Bank. Proses pembayaran visa dapat dilakukan di KEB Hana Bank cabang Korea Center yang berlokasi di samping Gedung Consular Section.

Selain mutiple visa dan single visa, sebenarnya pihak Kedutaan Besar Korea Selatan juga memiliki program group visa. Visa menjadi lebih murah jika berangkat minimal bersama lima orang. Harganya sekitar 15 dollar AS atau setara Rp 210.000. Namun pengajuan visa harus diurus oleh 33 agen perjalanan yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Korea Selatan.


Komentar

Close Ads X