Wings Air Buka Rute Favorit Karimunjawa-Semarang - Kompas.com

Wings Air Buka Rute Favorit Karimunjawa-Semarang

Kompas.com - 12/10/2018, 06:28 WIB
Bukit cinta di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Bukit cinta di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi keindahan Karimunjawa yang merupakan salah satu destinasi favorit di Jawa Tengah, membuat Wings Air membuka rute baru ke sana.

Wings Air (kode IW) mulai, Jumat (12/10/2018) akan meluncurkan rute perdana Karimunjawa-Semarang. Jaringan ini menjadikan maskapai tersebut satu-satunya yang menghubungkan ke dua destinasi secara reguler.

Dikutip dari siaran persnya pada KompasTravel, Rabu (10/10/2018), Wings Air akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah (SRG) terminal baru, pada 11.20 WIB, dengan nomor IW-1916.

Baca juga: Berani Foto dengan Ikan Hiu di Karimunjawa?

Pesawat dijadwalkan tiba di Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (KWB) pukul 11.50 WIB.

Untuk rute kembali, Wings Air akan lepas landas dari Karimunjawa pukul 12.10 WIB dengan nomor IW-1915. Diperkirakan mendarat di Semarang pada 12.40 WIB. Rute penerbangan pulang pergi ini akan dilayani satu kali setiap hari.

Para wisatawan menikmati Laut Karimunjawa dengan melakukan snorkeling saat mengikuti paket wisata Lets Go Karimun Jawa dari PT Pelni ke Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). Snorkeling adalah salah satu atraksi yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Karimunjawa.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para wisatawan menikmati Laut Karimunjawa dengan melakukan snorkeling saat mengikuti paket wisata Lets Go Karimun Jawa dari PT Pelni ke Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). Snorkeling adalah salah satu atraksi yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Karimunjawa.
Operations Director of Wings Air, Kapten Redi Irawan mengatakan kedua destinasi ini menjadi tempat yang memesona, paling ideal, dan menarik untuk dijelajahi.

“Kehadiran rute baru intra Jawa Tengah Semarang – Karimunjawa sebagai bagian dari mendekatkan jarak dengan menghubungkan antarpulau tanpa harus transit. Rencana kami akan lebih banyak membawa wisatawan ke Karimunjawa segera terwujud, sehingga berkontribusi meramaikan kunjungan,” tutur Redi dalam siaran tertulisnya.

Baca juga: Bukit Love di Karimunjawa, Eksotis dan Melegenda

Di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kepulauan Karimunjawa yang dikenal “The Paradise of Java” adalah kota tujuan ke-3 bagi Lion Air Group, setelah Semarang dan Solo.

Ia juga menyebutkan, Wings Air optimis penerbangan tersebut semakin menyediakan kemudahan akses dengan durasi berkisar 40 menit. Rute tersebut akan dilayani dengan pesawat turboprop ATR 72-500 atau ATR 72-600 berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

Wings Air ATR 72-500 PK-WFW untuk penerbangan Surabaya-Labuan Bajo PP.Hafid Kustantyo/Wings Air Wings Air ATR 72-500 PK-WFW untuk penerbangan Surabaya-Labuan Bajo PP.
Menurut Redi Irawan, lokasi Semarang kini semakin strategis, dengan banyaknya peningkatan penerbangan dari dan ke Semarang.

“Pesatnya perkembangan daerah, perdagangan, sosial, industri lokal, pendidikan dan potensi lainnya telah menjadikan Semarang sebagai salah satu destinasi terbaik. Bagi pebisnis dan wisatawan yang sudah berada di Semarang, kini dapat melanjutkan perjalanan menuju Karimunjawa,” papar Redi.

Wings Air memproyeksikan tren pertumbuhan minat perjalanan udara melalui Semarang semakin berkembang.

Dikutip dari siaran tersebut, data Badan Pusat Statistik Jawa Tengah menunjukkan jumlah wisman yang berkunjung ke Jawa Tengah melalui pintu masuk bandar udara pada Agustus 2018 tercatat 2.595 orang, meningkat 28,02 persen dibandingkan Juli 2018.


Close Ads X