Jangan Hanya ke Negeri di Atas Awan, Ini 5 Wisata di Sekitar Gunung Luhur

Kompas.com - 24/09/2019, 12:58 WIB
Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (15/9/2019). KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINPesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (15/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.comNegeri di Atas Awan Gunung Luhur, Citorek Banten terkenal karena pemandangannya yang menakjubkan saat berada di puncak gunung. Tidak hanya itu, banyak tempat wisata alternatif lain yang berada di sekitar kawasan gunung tersebut.

Baca juga: Belum Siap Jadi Obyek Wisata, Pengunjung Negeri di Atas Awan Banten Keburu Membludak

Berikut tempat wisata yang ada di sekitar Negeri di Atas Awan Gunung Luhur, yaitu di kawasan Lebak, Banten.

1. Curug Ciporolak

Curug Ciporolak merupakan air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Tepatnya di Kecamatan Cibeber. Curug ini mempunyai ketinggian air terjun sampai 35 meter.

Ciri khas dari curug ini yaitu air terjunnya berundak-undak pada dasar sungai. Kondisi air terjunnya juga masih sangat alami dan terjaga keadaannya. Suhu airnya stabil berkisar di 15 derajat celsius.

Baca juga: Tips Berwisata ke Kabupaten Lebak Banten.

Fasilitas yang ada di curug ini diantaranya area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, dan tempat istirahat. Banyak juga para penjual makanan yang berjualan di tempat wisata ini.

2. Leuweung Adat Kasepuhan Karang

Tempat ini adalah kawasan ekowisata hutan adat yang berada di Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Banten.

Leuweung Adat Kasepuhan Karang menyajikan pemandangan sawah berundak, pohon-pohon meranti tua yang rindang, beberapa saung bambu dan kursi bambu yang berjejer, serta tiang kayu bertulisan “Leuweung Adat” sebagai tempat favorit untuk berfoto.

Tempat wisata ini buka selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Lokasi untuk menuju tempat wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi yang berjarak 36 kilometer dari Kabupaten Lebak.

3. Pemandian Air Panas Alam Tirta Lebak Buana

Pemandian yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Lebak ini lebih dikenal dengan Pemandian Cipanas karena letaknya berada di kecamatan tersebut.

Kolam air panas ini memiliki suhu antara 45 derajat dan 80 derajat celsius sehingga menjadi tempat yang cocok untuk berendam.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Lebak Banten yang Tak Boleh Dilewatkan

Jumlah pengunjung setiap tahunnya terus meningkat sebab pemandian air panas ini tidak hanya dijadikan tempat wisata, melainkan sebagai tempat terapi kesehatan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X