Mengenal Bagian Tuna Sirip Biru, Ada yang Rp 1 Juta Per Potong

Kompas.com - 08/01/2020, 20:07 WIB
Kiyoshi Kimura berhasil membeli ikan tuna sirip biru dengan harga 193 juta yen. Dok. CNN InternasionalKiyoshi Kimura berhasil membeli ikan tuna sirip biru dengan harga 193 juta yen.


KOMPAS.com - Tuna sirip biru atau bluefin tuna merupakan makanan yang dinilai mewah dan mahal di Jepang.

Dilansir dariCNN baru-baru ini terjual seekor ikan tuna bluefin dengan harga fantastis, yakni 193 juta yen atau setara dengan Rp 25 miliar.

Baca juga: Seekor Ikan Tuna di Jepang Laku Dijual Rp 25 Miliar

Dikutip dari Business Insider Derek Wilcox koki dari Restoran Shoji di New York, menjelaskan setiap bagian dari ikan tuna sirip biru juga mempunyai harga berbeda-beda.

" Harga ikan tuna sirip biru tergantung dari mana asal membelinya, tetapi tak akan pernah murah. Ikan tuna sirip biru dari AS bisa 20-40 dollar AS per pon (setara Rp 280.000-Rp 550.00) tetapi kalau dari Jepang bisa 200 dollar AS (setara Rp 2,8 juta) per pon," kata Wilcox.  

Ikan tuna setelah ditangkap akan dipotong menjadi berbagai ukuran, potongan kepala, leher, dan dua potong untuk bagian perut.

Secara kasat mata, potongan memang terlihat sama. Namun daging fillet menjadi bagian yang mahal. Sebab, bagian itu paling diinginkan oleh restoran sushi dan sashimi.

Bagian tersebut juga berukuran kecil dan membutuhkan banyak usaha untuk memisahkan dari kulit ikan.

Ada juga otoro yang merupakan bagian daging ikan tuna paling tinggi lemak dibandingkan dengan bagian kepala dan bagian leher.

Baca juga: Terlalu Eksklusif, Restoran Sushi Jiro Dikeluarkan dari Daftar Bintang Michelin

Otoro merupakan bagian ikan tuna paling mahal. Satu potong otoro bahkan bisa dihargai 80 dollar AS setara Rp 1,1 juta. 

Ilustrasi ikan tuna.hungryworks Ilustrasi ikan tuna.

Sedangkan bagian chutoro merupakan bagian yang ada di pinggir ikan tuna. Bagian ini tidak mempunyai serat lemak. Namun dalam chutoro bagian lemak dan daging tercampur menjadi satu bagian di dalam dagingnya.

Untuk bagian Akami yang berarti daging merah dalam bahasa Jepang, merupakan bagian yang paling tipis, dapat ditemukan di dekat tulang belakang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X