Berkunjung ke Natuna, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Khas Ini

Kompas.com - 04/02/2020, 06:50 WIB
Ikan Tongkol Asap khas Natuna Sok. Kemdikbud kebudayaan.kemdikbud.go.igIkan Tongkol Asap khas Natuna


JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah mencicipi beragam kuliner khas Natuna, pasti kamu ingin membawa oleh-oleh untuk diberikan pada keluarga dan teman dekat.

Membawa oleh-oleh berupa makanan jadi salah satu cara kamu untuk berbagai nikmatnya makanan yang kamu rasakan di Natuna pada orang terdekat.

Kompas.com merangkum beberapa oleh-oleh berupa kuliner khas Natuna yang bisa kamu bawa pulang.

Baca juga: 8 Makanan Khas Natuna, Wajib Coba Saat Liburan di Sana

Pedek

Pedek, sambal khas Natunahttps://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ Pedek, sambal khas Natuna
Pedek bukan makanan berat, melainkan sejenis sambal khas Natuna. Pedek dibuat dari ikan bilis atau teri yang difermentasi. Biasanya pedek dimakan bersamaan dengan lalapan dan mangga mentah.

Pedek bisa kamu bawa untuk oleh-oleh. Biasanya dijual dalam kemasan botol kaca. Cocok untuk teman makan kamu di rumah.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, harga pedek antara Rp 5.000 - Rp 10.000 per botol dan dijual di supermarket atau toko di Natuna.

Baca juga: Tantangan Natuna untuk Jadi Destinasi Wisata Unggulan Indonesia

Calok

Calok, sambal khas Natunahttps://disparbud.natunakab.go.id/ Calok, sambal khas Natuna
Calok sejenis dengan pedek. Sambal khas Natuna dengan bahan dasar berupa udang kecil yang dicampur dengan bumbu dan rempah. Rasanya pedas segar, biasa disajikan dengan ikan asap atau ikan salai.

Biasanya juga dijual dalam bentuk kemasan botol. Bisa kamu bawa untuk oleh-oleh dan teman makan di rumah.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna yang Wajib Dikunjungi

Kerupuk Ikan

Natuna adalah daerah yang dikelilingi lautan. Hal tersebut membuat banyak masyarakatnya yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Tak heran, komoditas laut sangat mudah ditemukan di Natuna.

Olahan laut ini selain dijadikan beragam makanan tradisional lezat, juga banyak diolah menjadi kerupuk. Kerupuk kerap jadi pilihan orang sebagai oleh-oleh karena mudah dibawa, tidak mudah basi, dan relatif murah serta nikmat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X