Paspor Jepang Terkuat di Dunia Terpaksa Nganggur karena Corona

Kompas.com - 16/04/2020, 13:28 WIB
Ilustrasi paspor Jepang. SHUTTERSTOCK/TIERNEYMJIlustrasi paspor Jepang.

KOMPAS.com - Paspor Jepang sebagai paspor terkuat di dunia kini kekuatannya lenyap di tengah pandemi corona ( Covid-19 ).

Sebagai yang terkuat di dunia, pemegang paspor Jepang memiliki keuntungan untuk mengunjungi 191 negara dengan bebas visa.

Baca juga: Paspor Jepang Terkuat di Dunia Edisi Tahun 2020

Peringkat ini dinobatkan oleh Henley & Partners yang dirilis pada situs web Henley Passport Index.

Namun pada masa pandemi corona seperti saat ini paspor terkuat di dunia itu tidak perkasa lagi. Mengingat sejumlah negara di dunia lakukan lockdown, sedangkan Jepang juga terdampak pandemi ini.

Kastil Osaka di saat musim gugur berlatar langit biru SHUTTERSTOCK/AIAIKAWA Kastil Osaka di saat musim gugur berlatar langit biru

Kondisi darurat di Jepang mencakup wilayah Tokyo, Chiba, Kanagawa dan Saitama, pusat Osaka dan Hyogo, serta wilayah barat daya Fukuoka.

Pemerintah meminta warganya untuk tetap di rumah, membatasi kegiatan yang tidak mendesak dan bekerja dari rumah.

Banyak orang telah mematuhi perintah untuk bekerja dari rumah, terlihat dari sepinya sistem transportasi Tokyo dalam beberapa pekan terakhir yang biasanya terlihat ramai.

Bahkan pada musim bunga Sakura Jepang tidak ada orang yang keluar untuk menyaksikanya.

Kementerian Luar Negeri Jepang Rabu (25/3/2020) meningkatkan status kewaspadaan perjalanan nasional terkait virus corona (Covid-19) dan mengimbau warganya untuk tidak melakukan perjalanan tidak penting ke luar negeri.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Jepang Imbau Warganya Tidak Bepergian Ke Luar Negeri

Dikutip daro News.com.au, pada awal Januari lalu Henley Passport Index menerbitkan peringkat baru untuk 2020, tapi karena wabah corona kegiatan berpergian harus tersendat dan paspor untuk sementara waktu tidak digunakan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X