10 Jenis Kurma yang Bisa Kamu Temukan di Timur Tengah

Kompas.com - 20/04/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi buah kurma dan madu Dok. SHUTTERSTOCK/LAZARTIVANIlustrasi buah kurma dan madu


KOMPAS.com – Kurma jadi buah yang dianggap suci di daerah Timur Tengah.

Orang-orang Arab menyukai kurma bukan hanya karena manfaatnya, tapi juga konotasi budaya yang kurma miliki dengan nilai-nilai mulia seperti kedermawanan dan rasa terima kasih.

Baca juga: 3 Fakta Seputar Kurma, Salah Satu Makanan Wajib Berbuka Puasa

Dilansir dari Culture Trip, berikut ini 10 jenis kurma yang bisa kamu temukan di Timur Tengah. Berikut dengan arti mereka dan pentingnya kurma-kurma ini untuk masyarakat.

Pohon palem

Kurma adalah buah dengan rasa manis yang berasal dari pohon palem. Pohon palem bisa mencapai tinggi sekitar 21-23 meter dan daunnya bisa mencapai panjang empat hingga enam meter.

Kurma telah ada di bumi selama lebih dari 50 juta tahun lalu. Dipercaya, kurma berasal dari Irak dan telah dibudidayakan di negara-negara seperti Mesir dan Pakistan.

Jenis-jenis kurma

Kurma bisa dimakan langsung setelah mereka dipanen dari pohon atau bisa juga dikeringkan dan akan tahan lama selama beberapa tahun ke depan.

Ketika kurma dikeringkan dan disimpan di dalam kantung plastik, mereka seringkali memproduksi sirup manis yang akan menjaga kurma tetap lembap dan enak.

1. Barhi

Barhi atau Barhee adalah salah satu jenis kurma paling terkenal. Barhi punya daging yang tebal dan rasa yang kaya. Barhi lebih enak dimakan langsung dari pada dikeringkan lebih dahulu.

2. Thoory

Thoory atau Thuri terkenal di Algeria dan punya kulit buah yang berkerut dan berwarna coklat kemerahan. Biasanya kurma Thoory disajikan dengan memasukkan kacang lebih dulu ke dalam dagingnya.

Kurma MedjoolAlbert Supargo Kurma Medjool

3. Halawi

Halawi, Halawy, atau Halwa adalah tipe kurma yang sangat manis dengan ukuran yang kecil dan punya tekstur yang sangat lembut. Hal itu cukup menjelaskan arti nama kurma ini yang artinya manis.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X