7 Resep Sajian Buka Puasa, Bahan Murah dan Gampang Dibuat di Rumah

Kompas.com - 26/04/2020, 16:50 WIB
Ilustrasi dadar jagung yang disajikan di atas piring beralaskan daun pisang. SHUTTERSTOCK/JEEBANDIlustrasi dadar jagung yang disajikan di atas piring beralaskan daun pisang.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidangan berbuka bisa disajikan dengan sederhana tanpa mengurangi rasa nikmatnya saat disantap. Hanya bermodal sayur, ayam, dan ikan bisa disulap menjadi sajian istimewa. 

Baca juga: Cek Tingkat Kematangan Ikan Goreng dengan Teknik Ini

Dalam buku “105 Resep Sedap Murah Mudah Istimewa Food Combining Makan Enak untuk Langsing & Sehat” oleh Wied Harry Apriadji, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama menjabarkan beberapa resep yang mudah dibuat.

Berikut 7 makanan berbahan dasar murah dan mudah dibuat sebagai menu buka puasa :

1. Terong balado

Ilustrasi terong baladoShutterstock / Odua Images Ilustrasi terong balado

Bahan pokok untuk membuat terong balado sangat sederhana, terong dan cabai. Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat terong balado :

- 3 buah (400 g) terung ungu, potong-potong 1 cm
- 5 sdm minyak goreng
- 2 buah cabai merah, potong-potong serong tipis
- 2 lembar daun salam
- 1 sdt asam jawa, remas-remas dengan 3 sdm air, saring, ambil airnya sebanyak 1 sdm

Bumbu halus :

- 8 buah cabai keriting/cabai merah
- 8 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt garam

Langkah membuat terong balado

Langkap pertama membuat terong balado, panaskan wajan datar di atas api sedang, lalu tuang minyak goreng dan goreng terong dengan membaliknya hingga kedua sisi matang, jika sudah angkat dan sisihkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X