Cek Tingkat Kematangan Ikan Goreng dengan Teknik Ini

Kompas.com - 23/04/2020, 19:07 WIB
Makanan khas Batak dihidangkan dengan ikan goreng mas Kompas.com / Gabriella WijayaMakanan khas Batak dihidangkan dengan ikan goreng mas

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak ikan terbilang riskan, butuh waktu yang tepat untuk membuat ikan matang sempurna.

Ikan yang dimasak belum sempurna, dapat membuat daging jadi anyir dan berair. Sementara jika terlalu lama ikan akan gosong. 

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto, punya tips untuk memasak ikan dengan tikat kematangan yang pas. 

Baca juga: Bingung Masak Apa di Rumah? Ini Resep Mudah Kerapu Sambal Matah

“Kalau masak matangnya harus pas kalau ada yang mentah di bagian tengah itu masih ada bakterinya,” jelas Gatot saat Live Instagram Travel Kompas.com bersama Atria Hotel Gading Serpong dalam sesi Masak di Rumah Aja, Jumat, (17/4/2020. 

Untuk mengecek apakah sudah ikan sudah matang dengan sempurna, Gatot menyarankan untuk menekan permukaan daging ikan dengan jari tangan.

Apabila saat ditekan daging ikan masih lembek dan warna daging ikan agak bening maka artinya ikan belum matang.

Baca juga: Resep Pelecing Kangkung Bali, Cocok untuk Makan Lauk Ayam Betutu

“Kalau matang akan terasa empuk saat dipegang, pokoknya agak keras tapi jangan sampai over cooked karena sarinya bisa hilang,” papar Chef Gatot.

Ilustrasi ikan segar dan bahan untuk memasaknya. SHUTTERSTOCK/NADIANB Ilustrasi ikan segar dan bahan untuk memasaknya.

Baca juga: Apa Itu Ikan Kinki? Ikan Mahal yang Jadi Tantangan MasterChef Indonesia

Gatot mengingatkan daging ikan cenderung lebih cepat matang bila dibandingkan dengan daging sapi dan ayam.

Pada Live Instagram Travel Kompas.com bersama Atria Hotel Gading Serpong, Gatot mempraktikkan bagaimana cara memasak Kerapu Sambal Matah dan membuat Dalgona Green Coffee.

Selain itu penonton juga bisa bertanya mengenai teknik memasak kepada Chef Gatot yang sudah berpengalaman di dunia kuliner selama lebih dari 25 tahun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X